Manajemen Perencanaan Pembelajaran Kitab Kuning Dayah Manyang Gampong Meulum Samalanga

Authors

  • Helmi, M. Pd

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.28

Keywords:

manajemen, dayah, pembelajaran, kitab kuning

Abstract

Dayah Manyang Gampong Meulum merupakan salah satu dayah tertua di kawasan Kemukiman Masjid Raya Kecamatan Samalanga dan dalam beberapa tahun ini roda pendidikan kembali diperbarui dengan menambah pendidikan formal berupa kuliah yang berasal dari IAI Al-Aziziyah Samalanga, namun sistem pendidikan salafiyah masih tetap berjalan. Melihat fenomena kekinian di dayah tersebut, penulis mencoba menela’ah lebih lanjut metode pembelajaran kitab kuning dalam karya ilmiah berjudul Manajemen Perencanaan Pembelajaran Kitab Kuning Dayah Manyang Gampong Meulum Samalanga. Permasalahan yang diteliti dalam karya ilmiah ini ada dua rumusan masalahanya, pertama bagaimana manajemen perencanaan pembelajaran kitab kuning di Dayah Manyang Gampong Meulum Samalanga, kedua metode manajemen pembelajaran kitab kuning dan terakhir apa saja faktor penghambat dalam pembelajaran kitab kuning di Dayah tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dayah Manyang dalam metode manajemen perencanaan pembelajaran kitab kuning oleh pimpinan dayah bermusyawarah terlebih dahulu dengan dewan guru berkaitan dengan kelangsungan metode dan manajemen pembelajaran kitab kuning termasuk aturan lain yang akan dijalan dayah. Selanjutnya kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kitav kuning berkisar seputar kurang disiplin santri sehingga waktu istihat kurang diperhatikan dan menyebabkan mengantuk saat belajar. Kurangnya guru privat atau guree peulang juga kendala di samping keilmuan manajemen sangat rendahnya hanya berbekal keahlian alami. Minat belajar yang kurang juga menjadi kendala. Sangat berharap adanya perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan pendidikan Dayah Manyang Gampong Meulum Samalanga tersebut.

Downloads

Published

2022-02-16

Issue

Section

Articles