PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGASI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V MIN 35 PIDIE
DOI:
https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.29Keywords:
Model Group Investigation, Keaktifan Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V MIN 35 Pidie pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, dan angket. Adapun hasil yang diperoleh pada pembelajaran I yaitu terdapat 8 siswa yang cukup aktif, 11 siswa yang aktif dan 1 siswa yang sangat aktif sedangkan pada pembelajaran II terdapat 6 siswa yang aktif dan 14 siswa yang sangat aktif. Setelah siswa belajar melalui model pembelajaran Group Investigation keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa kelas V MIN 35 Pidie pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem mengalami peningkatan setelah diadakan pembelajaran dengan model Group Investigation. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model Group Investigation karena dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan siswa lebih cepat memahami materi yang diberikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Junaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.