KEMAMPUAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SMP ISLAM TAUFIQURRAHMAN

Authors

  • Noerdjati Ajidharma STAI AL – HAMIDIYAH JAKARTA
  • Siskha Putri Sayekti STAI AL – HAMIDIYAH JAKARTA
  • Agung Perwira STAI AL – HAMIDIYAH JAKARTA
  • Nova Ila Basyirotul Ummah STAI AL – HAMIDIYAH JAKARTA

Keywords:

kemampuan guru, keaktifan siswa, pelajaran PAI

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui, antara lain”(1) Kemampuan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa (2) mengetahui keaktifan siswa dalam mata pelajaran PAI (3) Hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan keaktifan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitan ini (1) Guru mampu meningkatkan keaktifan siswa dengan mengunakan model pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi, dan diskusi,(2) Siswa aktif mengajukan pertanyaan kepada guru terkait materi yang tidak mereka pahami (3) Hambatan yang dialami guru adalah guru belum memahami karakteristik para siswa. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah keaktifan siswa, guru perlu memahami karakteristik siswa dan lebih aktif berinteraksi dengan siswa, sehingga suasana pembelajaran di kelas menjadi menarik

References

Undang-Undang 1945 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional

Peraturan Menteri Pendidikan (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kualifikasi Guru

Syaiful Sagala, 2009. Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan. Medan : Alfabeta

Kemenag, QS Ar-Ra’ad ayat 11

HAGEDORN, M., et al. Coral larvae conservation: physiology and reproduction. Cryobiology, 2006, 52.1: 33-47.

RUSMAN, Rusman; MAFTUKHIN, Arif; NURHIDAYATI, Nurhidayati. Pemanfaatan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika,

RIANDARI, Henny. Peningkatan keaktifan dan pemahaman siswa kelas viii-b semester 4 pada mapel biologi melalui guided inquiry di SMP negeri 26 surakarta tahun ajaran 2011/2012. In: Prosiding Seminar Biologi. 2012.

INDRIJATI, Herdina, et al. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai (Edisi Pertama). Prenada Media, 2017.

RAHMADDHAN, IKIP. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR PADA MATERI PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEKAYAM KABUPATEN SANGGAU. 2016. PhD Thesis. IKIP PGRI PONTIANAK.

Sutanti, “Gambaran Pengelolaan Kelas Oleh Guru Paud Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru.”

SURYONO, Agus. Dimensi-dimensi Prima teori pembangunan. Universitas Brawijaya Press, 2010.

Johnson, Elaine B. 2009, Contextual Teaching And Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan Dan Bermakna, Bandung : MLC.

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles