Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting dalam Aktivitas Belajar Peserta Didik

Authors

  • RUSNAWATI RUSNAWATI STIT AL-Hilal Sigli

Keywords:

guru, peserta didik, aktifitas belajar, Model Probing-Prompting

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan proses interaksi antara guru dengan peserta didik yang dalamnya banyak aktivitas belajar sehingga dapat tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Dalam mencapai tujuan pembelajaran guru dapat menggunakan salah satu model pembelajaran probing prompting. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui pengertian model pembelajaran probing promting, untuk mengetahui langkah-langkah penerapan probing prompting dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari penggunaan model probing prompting dalam aktifitas belajar peserta didik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research atau kajian pustaka. Dari hasil kajian pustaka ditemukan bahwa model pembelajaran probing prompting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menurunkan dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan dan pengalaman peserta didik dengan pengetahuan baru yang dipelajari. Selanjutnya peserta didik mengkontruksi konsep, prinsip dan aturan menjadi pengetahuan baru. Adapun langkah-langkah penerapan model probing prompting dalam aktifitas belajar adalah guru mempersiapkan materi yang akan didiskusikan berupa permasalahan baik dalam bentuk gambar, rumus maupun situasi lainnya. Peserta didik harus  merusumuskan pertanyaan dan jawaban, jika jawaban tepat maka guru akan menanggapinya dan memberitahukan kepada peserta didik lain. Jika jawaban salah maka guru akan memberi petunjuk untuk menyelesaikan jawaban tersebut. Kelebihan model pembelajaran probing-prompting yaitu dapat mengembangkan keberanian peserta didik dalam menjawab dan mengemukakan pendapat. Peserta didik akan lebih aktif dalam menjawab pertanyaan, karena semua peserta didik mendapat berkesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru, dan memiliki kesempatan menanggapi hasil jawaban peserta didik lainnya. Sedangkan kekurangannya adalah guru mengalami kesulitan dalam membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir dan pemahaman peserta didik. Ketika guru kurang dapat membawa diri pada saat bertanya, maka peserta didik  akan merasa takut sehingga dapat menghambat cara berpikir siswa dan banyak menghabiskan banyak waktu pada saat meminta peserta didik secara satu persatu untuk merumuskan pertanyaan dan jawaban ketika proses aktifitas belajar.

References

Abdul Aziz Wahab, Model dan Model-Model Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2007

Abimanyu Soli dkk, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jendral, 2008

Agus Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Amir dan Sartika, Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan, Sidoarjo: Umsida Press, 2015.

Anton M. Mulyono, Aktivitas Belajar, Bandung: Yrama, 2001

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Ibrahim, dkk, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: University Press, 2000

Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada, 2016

Kurniasih, dkk, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Alfabeta: Bandung, 2012

Mayasari Yuriska, dkk. Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya, Jurnal ilmiah, 2014.

Max Darsono, dkk, Belajar dan Pembelajaran, Semarang, IKIP Semarang Press, 2000

Miftahul Huda, Cooperative Learning Model, Teknik, Struktur dan. Model Terapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009

Nur Hamiyah dan Muhammad Jauhar, Strategi Belajar-Mengajar di Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2014

Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2010

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008

Slameto, Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sriyono, Teknik Belajar Mengajar CBSA, Jakarta: Rineka Cipta, 1992

Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inofatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka, 2009

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles