PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK

Authors

  • Siti Hawa Siti Hawa STIT AL-Hilal Sigli

Keywords:

pendidikan, film animasi, karakter anak

Abstract

Pengaruh orang tua dalam memilih film animasi dan pengaruhnya terhadap karakter anak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peran orang tua dalam pemilihan film animasi kepada anak dan pengaruhnya terhadap karakter anak serta faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam memilih film animasi. Dimana jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengaruh film kartun terhadap karakter dan perkembangan perilaku anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memilih film animasi anak adalah sebagai teladan dan motivator bagi anaknya. Faktor pendukung orang tua dalam memilih film animasi untuk anak yaitu kemudahan dalam mengakses film animasi, di media televisi maupun telepon genggam. Adapula factor penghambat orang tua dalam memilih film animasi yang islami sebagai sumber belajar anak yaitu ketersediaan kuota internet, jaringan telepon, listrik, waktu yang berkualitas dan pemilihan topik yang sesuai untuk materi yang harus dipelajari oleh anak. pemilihan film animasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak dalam kehidupan sehari-harinya. Sebagai contoh perilaku yang menirukan tingkah laku dalam film animasi tersebut baik itu bahasa maupun perilaku peran antar tokoh film animasi tersebut.

References

Rosma Hartini, Strategi Belajar Mengajar, Bengkulu, 2019.

Sinta Rounul, dkk. Pengaruh Pilihan Film Kartun Terhadap Perilaku Anak di Pekan Luas Kabupaten Lampung Barat,Jurnal Ilmu Budaya. Vol 5.

Wikipedia, (Online), https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi, diakses pada tanggal 19 Februari 2022.

Teguh Triyanto, Pengantar Pendidikan, (Jakarta:Bumi Aksara, 2014)

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pembelajaran, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2019)

Ranang, dkk, Konseptual Film Animasi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)

A. Rusdiana, Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Sains dan Teknologi, Jurnal Istek Volume 8 Nomor 2 Tahun 2014.

Umi Musya’adah, Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2018.

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014)

Downloads

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles