PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL (SEL BELAJAR) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM ARTIKEL OLEH SISWA SMPN1 TRIENGGADENG

Authors

  • SITI HAWA

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i1.35

Keywords:

Pengaruh, Sel Belajar, ekspositori, Membaca-artikel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Trienggadeng Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Trienggadeng, yang berjumlah 319 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post Test Only desaign group yang dilakukan sebanyak dua kelas. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu di kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori dan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran the learning cell (sel belajar).

Downloads

Published

2022-02-16

Issue

Section

Articles