HUBUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DAN PENERAPAN SYARIAT ISLAM

Authors

  • QURRATA AKYUNI FAI UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH

Keywords:

pendidikan islam, syariat islam

Abstract

Pendidikan Islam bertujuan untuk mengarahkan manusia agar selalu berada pada jalan yang diridhai Allah, selain itu pendidikan Islam bertujuan menjadikan manusia yang sempurna (insan kamil). Sedangkan syariat Islam merupakan hukum atau aturan Islam dalam mengatur semua segi kehidupan manusia termasuk penyelesaian masalah dalam kehidupan. Jadi dengan adanya syariat Islam dapat menjadikan kehidupan manusia hidup secara teratur, tertib dan tentram. Dalam mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, manusia dengan makhluk hidup lainnya dapat dipecahkan dengan syariat Islam dan pendidikan Islam. Baik buruknya manusia dapat dilihat dari adanya pengamalan nilai-nilai pendidikan pada dirinya dan pengamalan syariat Islam. Syariat Islam akan mudah terlaksana jika dididik melalui proses pendidikan.

References

Abbas, Syahrizal. Syariat Islam di Aceh, Ancangan Metodologis dan Penerapannya. Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh.

Abu Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 1991. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Al-Afriqi, Ibnu Mansur. t.t. Lisan al-‘Arab, Juzu’ VIII, (Beirut: Dar alSadr.

Al-Faruq, Muhammad. 2018. Penerapan Syariah islam dalam Negara Bangsa di Indonesia, Jurnal El-Faqih, Vol. 4 No. 2, E-ISSN: 2503-314x

Al-Qardhawi, Yusuf. 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, terj. Bustami A. Ghani dan Zainal Arifin Ahmad, Jakarta: Bulan Bintang

Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Gazalba, Sidi. 1996. Sistematika Filsafat, Jakarta: Bulan Bintang.

Koto Alaiddin, Koto. 2004. Ilmu Fiqih dan Ushul Fiqih, (Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Langgulung, Hasan.1980. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al Ma’arif

M. Hasan, Ridwan. dkk, 2013. Modernisasi Syariat Islam di Aceh, Banda Aceh: Dinas Syariat Islam.

Mahmoud Syaltout, Mahmoud. 1966. Islam: Aqidah wa Syariah, Cairo: Dar alQalam.

Muhammad Azzam, Abdul Aziz. 2010. Fiqh Muamalat Sistem Transaksi Dalam Islam, terj. Nadirsyah Hawari, Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Mujiburrahman, Dkk, 2011. Pendidikan Berbasis Syariat Islam di Aceh, (Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Aceh.

Nurwahid, Hidayat. 2004. Menerapkan Syariat Islam dalam bidang Sosial dan Pendidikan dalam Salim Segaf al-Jufri, Penerapan Syariat Islam di Indonesia: antara Peluang dan Tantangan, Jakarta: Global Media.

Sardar, Ziauddin.2002. Kembali ke Masa Depan: Syariat sebagai Metodologi Pemecahan Masalah, (Terjemahan), Jakarta: Serambi.

SuaraIslam.id, Delapan Tujuan Luhur Penerapan Syariat Islam, 22 Oktober 2020, dalam https://suaraislam.id/delapan-tujuan-luhur-penerapan-syariat-islam/4/

Supardin. 2011. Materi Hukum Islam, Samata-Gowa: Alauddin University Press.

Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islam, Integrasi Jasmani, rohani dan Qalbu, Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2023-07-28

Issue

Section

Articles