STRATEGI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 BANDA ACEH

Authors

  • Suri Makhsura STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya

Keywords:

strategi, bimbingan dan konseling, MAN 1 Banda Aceh

Abstract

Bimbingan dan konseling berperan penting dalam proses pendidikan untuk membantu siswa dalam proses belajar. Pada kenyataannya tidak semua siswa mengetahui peran dan fungsi bimbingan dan konseling di sekolah. Ada banyak siswa yang mempunyai kemampuan di bidang tertentu, namun dikarenakan kurangnya bimbingan dan arahan dari guru sehingga mengakibatkan siswa tidak terarah dalam belajar terutama dalam menekuni suatu bidang studi. Oleh karena demikian dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana peran guru bimbingan dan konseling dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar di MAN 1 Banda Aceh. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling melaksanakan bimbingan belajar kelompok dan juga bimbingan secara pribadi kepada siswa, guru bimbingan dan konseling memberikan bimbingan secara pribadi kepada siswa yang mempunyai permasalahan dalam belajar. Guru bimbingan dan konseling tidak hanya bertugas menyelesaikan kasus siswa yang bermasalah, akan tapi ikut juga  membantu siswa-siswinya agar dapat berprestasi dalam segala bidang.

References

Ahmadi, A. dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 1991.

Lexy J Malong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Subari, Supervisi Pendidikan, Surabaya: Bumi Aksara, 1988.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Sutrisno Hadi, Metodelogi Research, Yogyakarta: UGM, 1997.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Yatim Arianto, Metodelogi Penelitian, Surabaya: SIC, 1996.

Downloads

Published

2023-07-29

Issue

Section

Articles