Penerapan Model Pembelajaran Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Dahniar

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.408

Keywords:

Model Pembelajaran Make a Macth, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Seorang guru harus terampil dalam memilih model yang akan digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang  kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan siswa  dalam mengikuti proses  pembelajaran, materi kurang dipahami, dan menjadikan pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Model pembelajaran make a match merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penggunaaan model pembelajaran make a match diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa dan siswa dapat termotivasi untuk belajar lebih giat serta mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

References

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Agung, 2011.

Anita Lie, Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruangKelas, Jakarta: Grasindo, 2002.

AgusSuprijono, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Coretan Pena Cianda “Model Pembelajaran Make A Match, (2023), http://coretan penacianda.wordpress.com,diakses 21 September 2023.

Daryanto dan MulyoRahardjo, Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: PenerbitGava Media, 2012.

Dewa Nyoman Suprapta, Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa, Journal of Education Action Research, Volume 4, Number 3, 2020.

EndangMulyatiningsih, MetodePenelitianTerapanBidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta , 2011.

Evelin Siregar dan Hartini Nara, TeoriBelajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

HisyamZainy, Strategi PembelajaranAktif, Jakarta: BumiAksara, 2006.

Helmiati, Model Pembelajaran, Yogyakarta: AswajaPresindo, 2012.

Miftahul Huda, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan BagiAnak Berkesulitan Belajar, Jakarta: RinekaCipta, 2003.

Istarani, 58 Model PembelajaranInovatif, Medan: Media Persada, 2012.

Melchano Topandra Dan Hamimah, Model Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran Tematikterpadu Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Tambusai, Fakultas Ilmu Pendiidkan Universitas Pahlawan, V0l; 4 No 2, 2020.

M. Ihsan Ramadhani, Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021.

NanangHanafiah dan CucuSuhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: RefikaAditama, 2012.

Sofan Amri dan IifKhoiru Ahmadi, Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2010.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sugiyanto, Model-Model PembelajaranInovatif, Surakarta: FKIP UNS Press, 2009.

Taufik, Strategi BelajarMengajar, Jakarta: Inti Prima, 2010.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana, 2009.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2006.

Yudi Wijanarko, Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan, Jurnal Taman Cendikia, Vol 1. No 1, Juni, 2017.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles