KORELASI KONSEP MANUSIA DAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Hadini UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.421

Keywords:

Internalisasi,Pendidikan Karakter, Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam

Abstract

Pemahaman konsep manusia dalam al-Qur’an berperan penting untuk memberikan gambaran tentang konsep hakikat manusia secara utuh. Pada akhirnya, penemuan hakikat manusia akan dapat dijadikan sebagai landasan untuk menemukan dan merancang system Pendidikan Islam yang ideal pula. Dalam kajian ini peneliti menggunakan  metode library research (penelitian pustaka). Di mana peneliti melakukan penelusuran terhadap literatur-literatur berupa buku-buku, hasil penelitian, serta jurnal-jurnal, baik nasional maupun internasional untuk selanjutnya dianalisis secara mendalam untuk menemukan kesimpula. Dari hasil kajian yang dilakukan ditemukan bahwa Pertama, asal usul manusia berasal dari Adam. Selanjutnya bereproduksi secara terus menerus untuk menghasilkan generasi yang baru..Kedua, dalam al-Qur’an menyebut manusia dengan istilah al basyar, al Insan dan bani Adam, yang terdiri dari unsur fisik dan non fisik. Unsur fisik direpresntasikan dalam istilah al basyar, dan unsur non fisik direpresentasikan dalam al Insan. Pada aspek non fisik dianugerahi potensi berupa’aql, qalb, fithrah, nafs, dan ruh. Ketiga, kedudukan manusia di atas bumi berperan sebagai ’Abdullah (hamba Allah) dan sebagai khalifatullah (pemakmur bumi)..Keempat. Konsep manusia tersebut berImplikasi pada adanya peran Pendidikan Islam dituntut harus berperan dalam mendesain system Pendidikan Islam yang ideal dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang ada pada manusia, sehingga ia bisa menjalankan perann dan tujuan utamanya sebagai ‘abdullah dan khalifatullah.

References

abd al Baqi’ Muhammad Fu’ad, al Mu’jam al Mufahras li alfaz al Qur’an al Karim, (Beirut: Dar al fikr, 1987)

al Aqqad, Abbas Mahmud, Manusia diungkap al Qur’an, pen, Mahyuddin, cet II (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1992)

Asyraf, Ali, Horison Pendidikan Islam, terj, Sori Siregar, cet III, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996)

Jalal, Abd al Fattah, Azaz-azaz Pendidikan Islam, pen, Herry Noer Ali, cet. I (Bandung: Diponegoro, 1988)

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, cet II (Jakarta: Rajawali Grasindo, 2002)

Kartanegara, Muliadi, Mozaik Khaznah Islam: Bunga Rampai dari Chicago, cet I (Jakarta: Paramadina, 2000)

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis dan Pendidikan cet III, (Jakarta: Al Husna, 1995)

Nasution, Harun, Filsafat dan Mistisme dalam Islam, cet II (Jakarta: Bulan Bintang, 1990),

Nata, Abuddin, Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)

------------------, Filsafat Pendidikan Islam, cet iv, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2013)

Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 1997)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, cet IV (Bandung: Rosda Karya, 2001)

------------------, Filsafat Umum: Akal dan Hati, dari Socrates Hingga Chapra, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003)

Zulkarnaini, dkk, Asal Usul dan Jati Diri Perempuan: Sebuah analisis dan Kritik, cet I, (Banda Aceh: Flower Aceh, 2002)

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles