PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU

Authors

  • Junaidah STIT AL-Hilal Sigli
  • Nasri Diana STIT AL-Hilal Sigli
  • Nurul A'liyah STIT AL-Hilal Sigli

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.422

Keywords:

Media Monopoli, Hasil Belajar Siswa, Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV SD Negeri 4 Sigli.Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan  Taggart dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata individu pada siklus I pelajaran IPS yaitu 59,42 dengan persentase ketuntasan 42,85% dan pelajaran PPKN yaitu 55,90 dengan persentase ketuntasan 57,15%. Pada siklus II pelajaran IPS yaitu72,85 dengan persentase ketuntasan 71,42%, dan pelajaran PPKN yaitu 71 dengan persentase ketuntasan 71,42%. Serta pada siklus III pelajaran IPS mencapai 93,76 dan pelajaran  PPKN 94,71 dengan persentase ketuntasan mencapai 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriyawani. 2013. Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 13 No. 2.

Iva, Rifa. 2012. Koleksi Games Edukatif di Dalam dan di Luar Sekolah. Jogjakarta: Flashbooks.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ramayulis. 2015Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran ; Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sadiman, Arief S., dkk, 2011. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya,Wina. 2014. Strategi PembelajaranJakarta: Kencana Pranada Media Group.

Sudjana, Nana dan Rivai, A. 2011. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sulsilo, Hera. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Cet II, Malang: Bayu Media Publishing.

Suprijono, Agus.2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. 2017. Pengembangan media monergi (Monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4 No. 2.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran, Yogyakarta : Kata Pena.

Wulandari dan Sukirno, 2012Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD Berbantuan Media Monopoli dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akutansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Godean, Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, Vol. 10 No. 1.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles