KEDUDUKAN KOMPONEN- KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEBERHASILAN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • M. Bisri Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Ratu Sita Lailatul Ula Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Sri Damyanti Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Muhajir Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.423

Keywords:

komponen Pendidikan, tujuan Pendidikan, keberhasilan Pendidikan

Abstract

Komponen Pendidikan merupakan bagian dari suatu sistem yang memiliki peran  penting dalam keberhasilan Pendidikan, bahkan dapat dikatakan bahwa untuk berlangsungnya proses kerja Pendidikan diperlukan keberadaan komponen-komponen tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (Library research) yang memperoleh data dari jurnal, laporan penelitian, buku, dan sumber bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan Pendidikan Islam bergantung pada komponen-komponen Pendidikan Islam. Komponen-komponen tersebut disebutkan diantaranya tujuan Pendidikan, penididik, peserta didik, materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi Pendidikan dan kurikulum atau sistem pembelajaran. Ketujuh komponen tersebut saling berkaitan karena dalam pendidikantentunya ada yang Namanya tujuan sebagai capaian pembelajaran, keberhasilan Pendidikan juga bergantung pada siapa yang memberikan pembelajaran atau pendidik, peran pendidik sangat penting sebagai orang yang bertanggung jawab dalam memberikan materi kepada peserta didik, peserta didik juga sangat penting karena sebagai objek dari tujuan Pendidikan tersebut, karena peserta didik adalah orang yang akan di ubah sikap dan dikembangkan intelektual dan keterampilannya. Materi atau bahan pembelajaran sangat penting sebagai bahan ajar yang akan diberikan pendidik kepada peserta didik, selain itu kurikulum juga sangat penting sebagai satu kesatuan sistem agar tujuan dari Pendidikan tersebut dapat tersampaikan kepada peserta didik secara terstruktur. Kesimpulannya dari penelitian ini bahwa komponen-komponen Pendidikan islam sangat mempengaruhi dalam keberhasilan pendidikan Islam

References

Ainiyah. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Al- Ulum, 1(13), 25–38.

Alamsyah, R., Hartono, D., & Sopiudin, O. (2021). Komponen komponen pendidikanpendekatan dan metode pendidikanteori tentang pendidikan dan pengembangan potensi fitrah insan. 1–15. https://mynida.stainidaeladabi.ac.id/asset/file_pertemuan/d10c8-dasar-dasar-pedidikan-converted.pdf

AlQoyyida. (2014). Faktor-Faktor Pendidikan Islam. Elqoyyida.

Dr. Benny Pribadi, M. . (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.

Dr. Tedi Priatna, M. A. (2015). Scanned by CamScanner ﯼﺭﺍﺰﻤﮐ. A Psicanalise Dos Contos de Fadas. Tradução Arlene Caetano, 48. https://batukota.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OTc4MDZhYzZhYzAyY2U4ZTBlNTNlYmJm&xzmn=aHR0cHM6Ly9iYXR1a290YS5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNS8xMC8zMC85NzgwNmFjNmFjMDJjZThlMGU1M2ViYmYvc3RhdGlzdGlrYS1kYWVyYWgta290YS1iYXR1LTIwMTUuaHRtbA%253D

Dr. Zakiyah Darajat, D. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam (I). Bumi Angkasa.

Dr.E.Kosashih, M. P. (2021). Pengembangan Bahan ajar. Bumi Aksara.

Dwiyono, Y. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Falah, A. (n.d.). Keberhasilan Pembelajaran Pndidikan Agama Islam Di SDN 01 Karang Gebog Kudus.

Firmansyah, M. I. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi. Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 17(No.2), 82–83.

Fitriani, S.Pd., M.Pd.I., M. P. (2023). tenaga pendidik menurut perspektif islam (D. Pianda (ed.); I). CV Jejak, Anggota IKAPI.

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Ilmu Bimbingan Dan Konseling Indonesia. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 1. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p1-11

Mawaddah, M., Fadilahnur, F., & Battiar, B. (2022). Komponen-Komponen Pendidikan Islam. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1 SE-Articles), 62–72. https://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/75

Prabowo, H. (2019). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 3(1), 1–10. file:///E:/File Ridho/File Kuliah/File Semester 6/Kajian Kurikulum/Artikel Peranan Kurikulum.pdf

Rahmat. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Benings Pustaka.

Saat, S. (2015). Faktor-faktor determinan dalam pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 8, No.2.

Sanjaya, P. D. H. W. (2008). Kurikulumdan Pembelajaran (cet. I). Prenada Media.

Suprayogo, P. D. H. I. (2016). Substansi Pendidikan Islam. In Pendidikan Agama Islam.

Zed, M. (2004). Metode penelitian Kepustakaan (Cetakan I). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zinuri, A. (2017). 7 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dalam Pendidikan Islam. Kolom Ilmu.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles