INOVASI BAHAN AJAR AUDIO BERBENTUK COMPACT DISC DALAM PEMBELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.424Keywords:
Bahan ajar Audio, Compact Disc, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak inovasi penggunaan bahan ajar audio berbentuk compact disk (CD) dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui tinjauan literatur, penelitian ini merinci manfaat utama dari penerapan teknologi audio dalam meningkatkan pengalaman dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CD dalam pembelajaran PAI meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pembelajaran mandiri, dan menyediakan pendekatan multisensori. Materi audio memberikan dimensi tambahan pada pembelajaran, memudahkan pemahaman konsep, dan meningkatkan motivasi belajar. Kemudahan aksesibilitas CD juga memberikan solusi praktis, sementara fleksibilitas penggunaannya memungkinkan integrasi dalam berbagai metode pembelajaran. Kesimpulannya, inovasi ini dapat dianggap sebagai langkah progresif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran PAI yang lebih dinamis dan efektif. Implikasi praktis dari temuan ini dapat memberikan panduan bagi pendidik dalam memanfaatkan teknologi audio untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI
References
Abdul Kadir al-Jufri, 2009, Terjemah Ta’lim Mutaa’llim, Surabaya: Mutiara Ilmu.
Abdul Majid, 2011, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Elida Prayitno, 1989, Motivasi Dalam Belajar, Jakarta: Debdikbud.
Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.
Kunandar, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasir A. Baki, 2014, Metode Pembelajaran Agama Islam, Yogyakarta: Eja Publisher.
Pannen, P., Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Prastowo, A. 2016, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Sardiman A. M, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syaiful Bahri Djaramah dan aswan Zain, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djaramah, 2010, Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Wina Sanjaya, 2009, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nia Wardhani, Nurainiah, Fitriani, Murniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.