PENGGUNAAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.426Keywords:
Media Daring, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Kemajuan perkembangan teknologi dan informasi mempengaruhi media yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Pasca pandemi Covid-19 penggunaan media daring dalam pembelajaran memberikan suasana baru dalam dunia pendidikan. Meskipun pandemi Covid-19 sudah berlalu dan pembelajaran sudah kembali tatap muka, namun media daring masih digunakan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini dibuat dengan tujuan menganalisis penggunaan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing media daring yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda pada saat pembelajaran sehingga menghasilkan manfaat yang beragam meskipun memiliki kelemahan dalam penggunaannya
References
Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring oleh Guru PAI di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 37-45.
Hatu, R. (2011). Perubahan Sosial Kultural Masyarakat Pedesaan (Suatu Tinjauan Teoritik-Empirik). Jurnal Inovasi, 1.
Miarso, Y. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan . Jakarta: Kencana.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suyeno, & Nisa', I. K. (2021). Manifestasi Kebijakan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jurnal Yurispruden, 194.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Okita Maya Asiyah, Muh. Wasith Achadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.