PERAN GURU PAI TERHADAP ETIKA SISWA DALAM BERBUSANA ISLAMI

Authors

  • Rusnawati STIT AL-Hilal Sigli

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.429

Keywords:

Guru, Siswa dan Etika

Abstract

Pada zaman sekarang model pakaian telah berkembang sangat pesat. Ada berbagai macam ragam model. Ada model berpakain yang Islami dan kurang Islami, seperti seperti berpakaian yang menampakan rambut, lekukan, tranparan, ketat dan sebagainya. Masih ada beberapa siswa atau remaja yang kurang menunjukkan sikap Islami dalam berpakaian, maka di sini dibutuhkan peran guru secara umum dan guru PAI secara khusus dalam menghadapi tantangan permasalahan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana etika berbusana secara Islami dan bagaimana peran guru PAI dalam membentuk etika berbusana Islami pada siswa. Untuk dapat menjawab permasalahan yang telah dirumuskan maka penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwasannya Sebagai umat Islam, baik laki-laki dan perempuan sudah seharusnya dapat memiliki etika ketika memakai pakaian sesuai dengan ajaran Islam. Pakaian yang dapat menutup aurat sehingga dari demikian akan melindungi umat Islam dari hal-hal yang dapat membawa kepada kemudharatan, di sinilah peran guru PAI sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa-siswinya untuk dapat mengamalkan ajaran Islam. Adapun peran guru PAI dalam membentuk etika berbusana Islami pada siswa yaitu dengan cara memberi contoh atau teladan, memberi motivasi, memberi teguran, memberikan bimbingan.

References

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran PAI, Bandung: Rineka Cipta, 2018

Baljon, Bimbingan Remaja Berakhlak Mulia, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1991

Dahlan dan Muhtarom, Menjadi Guru Yang Bening hati (Strategi Mengelola Hati di Abad Modern), Yogyakarta: Budi Utama, 2018

Deni Sutan Bahtiar, Berjilbab & Tren Buka Aurat, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2009.

Doni Koesoema A, dkk., Inspirasi Praktik Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Kanisius, 2021.

Hambali, Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan sekolah, Yogyakarta: Budi Utama, 2022.

Hasruddin Rute, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dala Masyarakat Pluralistik, Jakarta: Publika Indonesia Utama, 2022

Husein Shahab, Jilbab Menurut Al- Qur’an dan Al- Sunnah, Bandung: Mizania, 2008

Huzaemah Tahido Yanggo, Fiqih Perempuan Kontemporer, Bogor: Ghalia Indonesia, 2010

Imam Abi Fada Al Hafizd Ibnu Katsir Addatmsyiq, Tafsir AlQur’an Al-Adhim Juz 3, Beirut: Al Maktabah al ‘Aslamiyah, 1994

Khizin, Khazanah Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdaya Offset, 2013

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2017

Mahmud Sya’roni, Cermin Kehidupan Rasul, Semarang: Aneka Ilmu, 2010

Muhammad Ali Al Allawi, The Great Women Mengapa Wanita Tidak Harus Lebih Mulia, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2006

Muhammad Ali Al- Hasyim, Menjadi Muslim Ideal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.

M. Quraish Shihab, Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah (Pandangan Ulama Masa Lalu Dan Cendekiawan Kontemporer), Jakarta: Lentera Hati, 2014

Pradata Ardi Saputro, dkk., Refleksi Pemikiran Tokoh dalam Membangun Indonesia, Yogyakarta: Lakeisha, 2019

Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2010

Ridhahani, Dimensi-dimensi Pendidikan Agama Islam, Jawa Tengah: Maghza Pustaka, 2021

Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai- Karakter, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles