Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI))

Authors

  • SITI HAWA

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.430

Keywords:

Sumber belajar; Pendidikan Agama Islam; Peserta didik

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkap secara teoritis kajian  akademik  dalam konteks sumber  belajar sebagai epicentrum informasi yang berharga bagi setiap manusia yang belajar. Penulisan ini menggunakan  metode deskriptif analitis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sumber belajar sangat berperan dalam menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang diinginkan. Adapun cara mengembangkan sumber belajar Pendidikan Agama Islam agar optimal dilakukan dengan 1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik belajar siswa, 2) merumuskan tujuan pembelajaran, 3) pengembangan materi pembelajaran, 4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, 5) pemilihan jenis sumber belajar dan 6) mengadakan evaluasi

References

Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1993)

Aswan Zain dan Bahri Syaiful Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008)

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)

Mohammad Ali, dkk (Edit), Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Bandung: Pedagogiana Press, 2007)

Depdikbud, Teknologi Instruksional, (Jakarta: Ditjen Dikti, 1983)

Muhammad Attiyah Al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, (Jakarta: Bulan Bintang,1974)

Arief. S. Sadiman, Media Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2005)

Bukittinggi news.com, ”Desain Media Pembelajaran”, (http://bukittingginews.com /2011/06/desain-media-pembelajaran/diakses 19 Agustus 2023)

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi

Aksara, 2008)

Mukhtar dan Iskandar, Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru), (Jakarta: Gaung Persada Press, 2010)

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,

(Surabaya: Usaha Nasional, 2003)

Basyiruddin Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran, (Jakarta: Delia Citra Utama, 2005)

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, (Yogyakarta: Andi

Offset, 2003)

Asep Jihad dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran, (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2008)

Mukhtar, Evaluasi yang Sukses Pedoman Mengukur Kinerja

Pembelajaran, (Jakarta: Sasana Mitra Suksesa, 2003)

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles