PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI PADA INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK

Authors

  • Zulfahmi ISBI Aceh, Indonesia
  • Saifuddin A Gani ISBI Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v19i2.432

Keywords:

Pengembangan, Kurikulum, Akhlak

Abstract

Saat ini ISBI Aceh masih menggunakan kurikulum umum dalam pembelajaran PAI. Namun penulis melihat, penggunaan kurikulum tersebut masih kurang efektif dalam pembentukan karakter mahasiswa yang berbasis seni di ISBI Aceh. Hal ini terlihat dari banyaknya anggapan masyarakat bahwa mahasiswa dan lulusan kampus seni secara umum dan ISBI Aceh secara khusus serta pelaku seni mempunyai karakter dan pendidikan agama yang kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan kurikulum PAI dan mengetahui strategi pengembangan kurikulum PAI di ISBI Aceh. Manfaat penelitian ini memberikan kontribusi akademis dan praktis dalam bidang pendidikan khususnya dalam pengembangan kurikulm PAI di ISBI Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-analitis. Pengembangan Kurikulum PAI di ISBI Aceh memperhatikan aspek seni yang menjadi pembelajaran utama. Secara khusus kurikulum PAI di ISBI Aceh harus menampakkan pandangan agama Islam terhadap seni dan bagaimana kedudukan seni dalam Islam. ISBI Aceh dalam menyusun kurikulum PAI menggunakan beberapa yaitu strategi penanaman keimanan, strategi pengalaman, strategi pembiasaan, strategi rasional, strategi emosional, strategi fungsional, dan strategi keteladanan

References

Abdullah. (1999). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Abdul Majid (2012), Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Baharun, H. (2012). Desentralisasi Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Sistem Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 1(2).

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1(1), 34–46.

Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.

Dian Nur Ana (2018), Seni dan Agama dalam Islam, Yogyakarta: Bildung.

Drajat, Z. (1993). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Halimah, S. (2009). Curriculum Development Strategy Islamic Religious Education and Learning (PAI). Miqot, 33(1), 27 - 36.

Hamalik, O. (1993). Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Trigendi Karya.

Muhaimin. (2012). Pengambangan rikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasution. (2008). Asas-Asas Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Nur Saidah, (2008), “Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan Seni Budaya Islam”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. V, Nomor. 1.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Seyyed Hossein Nasr (1993), Spiritualitas dan Seni Islam, Bandung: Mizan.

Siswanto. (2010). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris, 5(2), 107-128.

Soetopo, H., & Wast. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Subandiah. (1996). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yeni Rachmawati (2005), Musik Sebagai Pembentuk Budi Pekerti-Sebuah Panduan Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Jalasutra

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles