PENGARUH KOMPETENSI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i2.45Keywords:
kompetensi, guru, peserta didik, hasil belajarAbstract
Kompetensi guru merupakan hal yang sangat penting, harus terdapat pada diri seorang
guru, karena tercapainya tujuan pembelajaran dalam pengelolaan pembelajaran, dapat
diketahui dengan tinggi rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Karena itu
kompetensi guru sangat mempengaruhi terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar
peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kompetensi guru, untuk
mengetahui macam-macam kompetensi guru, untuk mengetahui pengertian dan faktorfaktor yang mempengaruhi hasil belajar dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi
guru pada hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
library research atau kajian pustaka. Dari hasil kajian pustaka ditemukan bahwa
kompetensi guru dapat diartikan dengan kemampuan dan kewenangan guru dalam
melaksanakan tugasnya. Guru dapat melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan
pengajar apabila guru sudah memiliki kecakapan atau kemampuan di dalam bidang
yang berkaitan dengan pendidikan. Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh guru
mencakup kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan
kompetensi sosial. Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh peserta didik setelah
terjadinya proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan nilai tes yang dilakukan guru
namun hasil belajar tidak mutlak berupa nilai saja, akan tetapi dapat berupa perubahan
atau peningkatan sikap, kebiasaan, pengetahuan, keuletan, ketabahan, penalaran,
kedisiplinan, keterampilan dan sebagaimana yang menuju pada perubahan positif.
Faktor yang mempngaruhi hasil belajar peserta didik adalah terdiri dari dua faktor, yaitu
faktor internal (dalam diri peserta didik) dan faktor eksternal (dari luar), salah satunya
dari kompetensi guru. Hasil belajar peserta didik sangat tergantung pada kemampuan
dan kompetensi yang terdapat pada guru dalam mengelola pembelajaran. Hal ini
dikarenakan hasil belajar peserta didik akan terlihat dari kemampuan peserta didik
dalam memahami dan mengerti terhadap materi yang telah diajarkan guru. Keberhasilan
kegiatan proses belajar mengajar dapat diukur dengan tercapai tidaknya tujuan yang
telah ditetapkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rusnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.