STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK
DOI:
https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i2.46Abstract
Penilaian ini akan menunjukkan tingkat keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam
bidang tertentu. Semakin baik psikomotorik yang dimiliki maka keterampilan yang dimiliki
semakin terampil, bahkan apabila ditambah dengan kreativitas dari masing-masing individu.
Kreativitas akan ditunjukkan dengan hasil karya tentu didukung dengan kemampuan kognitif
yang dimiliki seseorang. Selain itu juga psikomotorik akan sempurna sesuai dengan yang
diharapkan apabila sering dilatih dan kegiatan bersifat rutin. Apabila hal ini telah dilakukan
maka akan membuat orang semaki terampil dalam melakukan kegiatan yang ada dalam
proses pembelajaran. Penilaian psikomotorik diharapkan akan mengalami peningkatan
setelah mengikuti proses belajar. Proses belajar sebagai tahapan untuk meningkatkan
keterampilan yang dimiliki dan diharapkan semakin berkembang. Penilaian psikomotorik
akan diakumulasikan dengan penilaian afektif dan kognitif. Hal ini memang sesuai dengan
aturan yang berlaku berdasarkan kurikulum yang berlaku dalam pendidikan Indonesia.
Sehingga dalam hal ini kemampuan psikomotorik merupakan hal yang harus dimiliki
seseorang agar mampu menghasilkan karya yang baik. Kemampuan psikomotorik siswa
meningkat setelah digunakannya strategi pembelajaran aktif Hal ini dapat dilihat dari adanya
langkah-langkah, dan penggunaan media menarik dalam membantu menerapkan strategi
pembelajaran aktif. Faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan hal tersebut
adalah bimbingan dan kontrol guru, penggunaan media menarik, dan penggunaan strategi
pembelajaran yang beragam
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mustafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.