KERJA SAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

Authors

  • Syarifah Rahmi

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v16i2.48

Abstract

Orang tua adalah pendidik utama bagi peserta didik. Selain pendidikan dari orang tuanya,
kepribadian peserta didik ikut dipengaruhi oleh pendidikan yang didapatkannya dari gurunya
yang berada di lingkungan sekolah. Guru menjadi orang tua kedua bagi peserta didik di
lembaga pendidikan formal. Untuk itu guru memiliki tanggung jawab untuk dapat
mengembangkan segala potensi yang dimiliki peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut,
maka penulis sangat tertarik untuk mengkaji lebih lanjut berkenaan dengan kerja sama orang
tua dan guru dalam membentuk kepribadian peserta didik di sekolah. Untuk dapat menjawab
permasalahan tersebut, penulis menggunakan kajian pustaka. Dari hasil kajian pustaka
ditemukan bahwasannya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepribadian peserta didik,
diantaranya adalah faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan
masyarakat. adapun yang dapat menghambat guru dalam membina kepribadian peserta didik
diantaranya adalah kurangnya perhatian keluarga, teman bergaul yang tidak baik, kurangnya
motivasi. Untuk itu pentingnya kombinasi antara kerja sama guru dan orang tua dalam
membentuk kepridian peserta didik, karena akan memberikan dampak yang signifikan dalam
membentuk akhlak yang baik dan juga sangat mempengaruhi terhadap hasil belajarnya di
sekolah.

Downloads

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles