IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MTsN 1 TANGERANG SELATAN

Authors

  • Alfi Lutfiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Permasalahan, Upaya

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh salah satu program kurikulum baru yang sudah disahkan oleh menteri pendidikan yaitu kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka terfokus pada kegiatan Intrakulikuler di MTsN 1 Tangerang Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui cara mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dimulai dari cara penerapan Kurikulum Merdeka yang terdiri dari persiapan guru, cara pelaksanaan dan cara penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek MTsN 1 Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.  Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, serta siswa kelas VII yang paham terkait penelitian ini. Impelemntasi penelitian ini menunjukkan bahwa  penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 3 kegiatan, yang pertama kegiatan pendahuluan, selanjutnya kegiatan inti dan yang terakhir ialah kegiatan penutup, ditambah dengan adanya projek P5. Terdapat permasalahan yang terjadi dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu pendidik kurang mengikuti pelatihan, pembelajaran terdiferensiasi yang kurang maksimal. Sehingga upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengikuti workshop internal atau eksternal untuk meningkatkan kreativitas guru dan sharing kepada sesama pendidik atau kepada orang yang lebih mengetahui.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Qur’an dan terjemahannya. 2010. Bandung

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 02 (2023): 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 033 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Khoirurrijal., dkk. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Kholidah, Lilik Nur, Imam Winaryo, and Yayan Inriyani. “Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D Di Sekolah Menengah Pertama.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 6 (2022): 7569–77. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177.

Mendikbudristek. “Permendikbudristek RI Nomor 22 Tahun 2023 Tentang Standar Sarana Dan Prasarana Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.” Jdih.Kemdikbud.Go.Id, 2023, 1–14. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3274.

Pengembangan, Panduan. “Projek Penguatan.” Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2022.

Soemanto & Soetopo. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.1991

Sufyadi, Susanti., et.al. Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: kemendikbudristek. 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015

Suliswiyadi. 2020. Hierarki Ranah Pembelajaran Afektif Pendidikan Islam dalam

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles