MANAJEMEN KE-SANTRI-AN: PENGELOMPOKAN SANTRI DI PK-PPS AL-WAFA PUTRI PALANGKA RAYA

Authors

  • Anisa Vira, Nurita Sari, Fahmi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Keywords:

Pengelompokan, Santri, Pesantren

Abstract

Pengelompokan santri sangat dibutuhkan untuk menyusun suatu konsep strategi pengajaran. Lingkup manajemen ini menjadi aspek yang sangat diperhatikan dalam penyelenggaraan pendidikan di PK-PPS Al-Wafa Putri Palangka Raya sebagai lembaga pendidikan kesetaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan santri yang dilakukan di PK-PPS Al-Wafa Putri Palangka Raya. Metode penelitian ini menerapkan jenis penelitian deskriptif dalam pendekatan kualitatif. Informasi dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan pemeriksaan dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelompokan santri di PK-PPS Al-Wafa Putri Palangka Raya dijalankan berdasarkan kelas Umum, Tahfidz, dan Kitab. Output pembelajaran berupa ijazah akademik dan ijazah tahfidz dengan tingkatan Ula, Wustho, dan Ulya. Secara umum, pengelompokan santri di Palangka Raya sejauh ini terbilang efektif terhadap pembelajaran santri dilihat dari keberhasilan santri mencapai KKM, mampu mengikuti ketiga bidang kelas dengan baik, dan lulusan yang mampu memasuki berbagai perguruan tinggi. Pembenahan dan peningkatan terus dilakukan berupa evaluasi tiap akhir tahun ajaran, agar sistem pengelompokan dapat terus berkembang.

References

Alwi, B. M. (2013). Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 205–219.

Andriyadi, A. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa (MABIT) Pada Kelas Atas (III, IV, dan V) di SDIT Darul Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).

Antoro, I. (2019). Implementasi Manajemen Peserta Didik di MAN 2 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pengajaran: Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka cipta.

Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. In Bandung: Alfabeta.

Chadidjah, S., & Erihadiana, M. (2020). Manajemen Peserta Didik Pada Mdta Al-Wahda Terunggul Di Kota Bandung. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(2), 15.

Darmadi, P. D. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.

Desmawati, L., Suminar, T., & Budiartati, E. (2020). Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Pendidikan Kesetaraan di Kota Semarang. Edukasi, 14(1).

Fatonah, I. (2021). Manajemen Santri Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49341/

Fauziyyah, A. N., Setiawan, F., & Abdullah, M. R. (2022). Kebijakan Revisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Handayani, R. S. T., Thawafina, H., Nuriyatun, V., & Purnama, I. C. (2021). Inovasi Pengelolaan Peserta Didik di Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1441–1452. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.232

Hanifah, Q. (2021). Implementasi Pengelompokan Santri Untuk Menigkatkan Hasil hafalan Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Tahfidz Insan Madani Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Indonesia, P. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2006). Republik Indonesia.

Isnaini, M. (2013). Manajemen Kesantrian; Studi tentang Pengelolaan Santri di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantairaja Kampar Riau. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kembaren, R., Sumitra, D., & Hidayat, R. (2019). ISLAMIC EDUCATION PLANNING (Management Of Students In Medan Ikhsan MTs Nurul Year 2019). SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 4(1), 1–12.

Lia, F. (2019). LAPORAN PONDOK PESANTREN AL-WAFA DI PALANGKA RAYA. Retrieved from https://www.academia.edu/41568929/LAPORAN_PONDOK_PESANTREN_AL_WAFA_DI_PALANGKA_RAYA

Magdalena, I., Fauziah, P., & Hilmiyah, Z. (2020). Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik di Sekolah Dasar Gondrong 2. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 410–422.

Masy’unah, I. (2019). Manajemen Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Taqwim 2018/2019 (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Retrieved from http://digilib.uinkhas.ac.id/20425/

Nst, F. N. A., Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1320–1331.

Putri, A. R. (2019). Manajemen Peserta Didik di Pondok Pesantren Terpadu Ushuluddin, Penengahan Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.

Rizqi, N. (2018). Pembelajaran Kitab Kuning dalam Kegiatan Pesantren Weekend. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Saifuddin, M. A. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susnawati, E. (2022). Manajemen Penempatan Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umayah, S. (2015). Upaya Guru dan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 259–288.

Wahyuni, Y. S., Ermita, R., & Santoso, Y. (2022). Persepsi Guru tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Peserta Didik di SMK Negeri Kecamatan Koto IX Tarusan dan IV Jurai Pesisir Selatan. Journal of Educational Administration and Leadership, 3(1), 1–5. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24036/jeal.v3i2.108

Wisda, R. S. (2021). Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTsN 12 Pesisir Selatan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 248–259.

Yasin, M. N., & Idris, H. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Santri dalam Menjawab Tantangan Modernitas Zaman. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research, 1(1), 94–102.

Yurnalis, Y., Lahmi, A., & Rahmi, R. (2022). The Role of Madrasah Committee in Improving The Quality of Islamic Education at MTs Negeri 2 Pasaman in 2018-2020. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles