FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: MENGGALI ESENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM KONTEKS KEISLAMAN

Authors

  • Aulia Azmi Alkhairi, Mahmud Arif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Filsafat Pendidikan Islam, Pendidikan Multikultural, Masyarakat Plural

Abstract

Artikel ini meneliti tentang integrasi pendidikan multikultural ke dalam filsafat pendidikan Islam, yang menjadi semakin relevan dalam masyarakat plural seperti Indonesia. Pendekatan ini menggunakan teori Transformative Multicultural Education oleh James A. Banks, yang berfokus pada keadilan sosial dan kesetaraan, dipadukan dengan konsep Tauhid dari Syed Muhammad Naquib al-Attas yang menekankan kesatuan pengetahuan dan nilai-nilai spiritual dalam Islam. Tujuan utama penelitian ini adalah mengeksplorasi potensi harmonisasi antara pendidikan multikultural dan prinsip-prinsip dasar pendidikan Islam, yang diharapkan dapat menghasilkan paradigma pendidikan yang inklusif namun tetap berakar pada nilai-nilai keislaman. Metode penelitian library research digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan. Temuan utama menunjukkan bahwa konsep-konsep kunci dalam Islam seperti tauhid, ummah, dan ta'aruf dapat direinterpretasikan untuk membangun kerangka pendidikan yang menghargai keberagaman dan keadilan sosial. Artikel ini menyimpulkan bahwa filsafat pendidikan Islam memiliki landasan kuat untuk mengakomodasi dan memperkaya pendidikan multikultural, memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kurikulum dan praktik pendidikan Islam yang lebih inklusif dan berkeadilan di Indonesia.

References

Abdiyah, L. (2021). Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 24–31.

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Amin, A. M. (2018). Pembangunan Kesatuan Dogma Dan Politik Dalam Piagam Madinah. Jurnal Keislaman, 1(1), 45–73.

Anam, A. M. (2016). Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di perguruan tinggi: Studi kasus di Universitas Islam Malang [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4076

Arif, M. (2012). Pendidikan Agama Islam Inklusifmultikultural. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.11.1-18

Aris, A. K. (2020). PENAFSIRAN NURCHOLISH MADJID ATAS AL-QUR’AN (STUDI ANALISIS SURAT ALI IMRĀN AYAT 64) [B.S. thesis]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52150

Asy’arie, M. (2004). Pendidikan multikultural dan konflik bangsa. dalam harian Kompas, Edisi Jum’at, 3.

Azra, A. (2016). Transformasi politik Islam: Radikalisme, khilafatisme, dan demokrasi. Kencana.

Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga.

Banks, J. A. (2008). An introduction to multicultural education.

Futaqi, S. (2018). Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Series 1, 521–530.

Hanum, F. (2005). Fenomena Pendidikan Multikural pada Mahasiswa Aktivis UNY. Laporan Penelitian.

Herdiana, A. (2018). KONSEP PERSATUAN BANGSA (STUDI ANALISIS KOMPARATIF PIAGAM MADINAH DAN UNDANGUNDANG DASAR 1945) [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4129/

Hidayati, N. (2016). Konsep pendidikan Islam berwawasan multikulturalisme perspektif HAR. Tilaar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–24.

Idrus, I. A., Astuty, H. S., Kurnia, H., Jon, E., Rukhmana, T., & Ikhlas, A. (2024). Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural di Indonesia. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4418–4424.

Indrawan, I. (2020). Filsafat Pendidikan Multikultural. Penertbit CV Pena Persada: Cet I Jawa Tengah.

Mashuri, S., & Syahid, A. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Multikultural. Penerbit Litnus. http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/3273/

Munawar-Rachman, B. (2022). Pemikiran Islam Nurcholish Madjid. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Sunan Gunung Djati Publishing. https://digilib.uinsgd.ac.id/73298/

Nuraini, A. A., Putri, N. N., & Kharissa, R. S. (2023). Integrasi teknologi dan dalam pendidikan pancasila dan pada era multikulturalisme. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(5), 526–531.

Pahlawan, A. R., Suhardiman, S., & Amir, A. (2024). Eksplorasi Nyurat Lontar Bali Pada Mata Kuliah Modul Nusantara Melalui Program Pertukaran MahasiswaMerdeka Di Universitas Pendidikan Ganesha. Journal on Education, 6(4), 19259–19270.

Panggabean, G. K. D. B. (2024). PSIKOLOGI KERAGAMAN MEMAHAMI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN BUDAYA. Circle Archive, 1(4). http://www.circle-archive.com/index.php/carc/article/view/132

Purnomo, P., & Solikhah, P. I. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Islam Inklusif: Studi Tentang Inklusivitas Islam Sebagai Pijakan Pengembangan Pendidikan Islam Inklusif. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/13286

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Zulmuqim, Z., & Zalnur, M. (2022). Analisis Filosofis Tentang Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(1), 770–783.

Sapsuha, M. T. (2013). Pendidikan Pascakonflik; Pendidikan Multikultural Berbasis Konseling Budaya Masyarakat Maluku Utara. Lkis Pelangi Aksara.

Susmita, E. (2023). ANALISIS TERHADAP PENERAPAN NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM UPAYA MENANAMKAN SIKAP MORAL SISWA. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/875

SYAMSUARDI, E. M., Ridha, A., Yolanda, D., & Hudia, T. (2024). PERAN GURU DALAM MEMBENTUK LINGKUNGAN BELAJAR MULTIKULTURAL YANG INKLUSIF. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(1), 63–77.

Syamsudin, D., Subangkit, W., & Nugraha, L. (2024). MEMBANGUN JEMBATAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: MERAYAKAN SUASANA SEKOLAH YANG MENERIMA KEBERAGAMAN. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1). https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/buhun/article/view/427

Taali, M., Darmawan, A., & Maduwinarti, A. (2024). Teori dan Model Evaluasi Kebijakan: Kajian kebijakan kurikulum pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.

Yusuf, M. (2023). Inklusi Pendidikan Islam: Mewujudkan Pendidikan Semua Anak dalam Konteks Multikultural. Diksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 2(1), 23–44.

Zakwan, L., Marzuki, M. F., & Gusmaneli, G. (2024). Menginspirasi Generasi Muda: Pendekatan Kreatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 223–236.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles