PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Dahniar, MA STIT Al-Hilal Sigli

Keywords:

Media Puzzle, Pembelajaran PAI

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk menganalisis mengenai penggunaan media puzzle dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam. Kajian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan.  Dalam proses pembelajaran tidak luput dari penggunaan media untuk menambah efektifitas pembelajaran, baik pembelajaran umum maupun pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu media yang bisa digunakan oleh guru adalah media puzzle karena media ini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran puzzle yaitu media sederhana yang dimainkan dengan cara bongkar pasang. Media ini merupakan media belajar yang menggunakan teknik permainan teka-teki guna mengasah otak. Puzzle terdiri dari papan dan beberapa kepingan yang mana kepingan itu jika disusun akan menutupi bagian papan yang sedikit menjorok kedalam dan akan menjadi suatu bentuk tertentu. Tujuan penggunaan media pembelajaran ini sendiri yaitu agar memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan, sehingga penggunaan media puzzle dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

References

Ahmad Izza Muttaqin1, Nasrodin2, Siti humairah, Implementasi Media Pembelajaran Puzzle Pada Mata Pelajaran PAI Materi Al-Khulafaur Ar-Rasyidin Kelas VII SMP Darussyafa’ah, Setail-Genteng, Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam Volume XIX No. 2, 2021.

Aryani, StrategiPembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Fauzan, Permainan Edukatif dan Alat Permainan Edukatif bagi PAUD, Bandung: Bumi Siliwangi, 2007.

Jasmine Mutiara Bintang dan Rolly Maulana Awangga, Tutorial Membuat Game Puzzle Roblox, Bandung: Buku Pedia, 2022.

Ernawati, Fatimah, Agus Hadi Utama, Pengembangan Pembelajaran Media Puzzle PAI Untuk Meningkatkankan Minat Belajar Siswa SD Kelas IV, J-Instech Journal Of Instrucyional Technology, Vol.2. No. 2. 2021.

Fadlillah, Bermain dan Permainan, Jakarta: Kencana, 2017.

Hamid Bahari, Perangsang Karakter Positif Anak, Yogyakarta: Diva Press, 2013.

Kemas Mas’ud Ali, Media Pembelajaran, Palembang: Rafa Press, 2020.

Mestika zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Kholis Anjaleka, Penggunaan Puzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SD Pada Mata Pelajaran PAI, Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 114 Vol 1. No. 4, Oktober 2021.

Muksin, Koleksi Game Seru Untuk Kegiatann Belajar Anak, (Yogyakarta: Diva Kids, 2019), hal. 46. Oemar Hamalik, Media Pendidikan, Bandung: Cita Aditya Bakti, 2014.

Ratnasari Dwi AdeChandra, Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka, Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol. 1 No. 1.

Shinta Ayu, Segudang Game Edukatif Mengajar, Jakarta: Diva Perss, 2014.

Septiana Purwaningrum, Penggunaan Media Advance Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama, Alimna Jurnal Pendiidkan Profesi Guru, Lptk Iain Kediri, Vol. 02. No. 01. 2023.

Syamsidah, Kiat Mudah membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Wirdharyanto, Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD, Jakarta: Media Maxima, 2018.

Yulianti, Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak, Jakarta: Laskar Askara, 2008.

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles