Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Kota Bakti
Keywords:
Analisis, Pembelajaran Berbasis P5, Pendidikan Agama IslamAbstract
Riset ini bertajuk “Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Kota Bakti” Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project basic learning) di SDN 2 Kota Bakti, untuk mengetahui bentuk proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang dilakukan di SDN 2 Kota Bakti dan untuk mengetahui relevansi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif menghasilkan data-data deskriptif berupa uraian penjelasan secara lisan dari narasumber, oleh karena itu terdapat tujuh langkah (prosedur) penelitian ini yaitu: identifikasi masalah, pembatasan masalah, penetapan fokus masalah, pelaksanaan penelitian, pengolahan dan pemaknaan data, pemunculan teori dan pelaporan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project basic learning) di SDN 2 Kota Bakti dengan implementasi kurikulum merdeka secara terbatas dimulai pada tahun 2021 secara bertahap dan direncanakan pemantapan secara menyeluruh pada tahun 2024, dengan demikian prosesnya masih sangat terbatas karena masih berbentuk sosialisasi tahap dasar, pelaksanaannya hanya di kelas 1 dan 4, penerapannya belum mencapai target yang memuaskan dari berbagai sudut pandang karena pihak sekolah masih harus melakukan persiapan seperti memfasilitasi guru kelas 1 dan 4 dalam pemahaman dan penguasaan, mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. Bentuk proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) yang dilakukan di SDN 2 Kota Bakti memilih tema gaya hidup berkelanjutan pada semester 1 (satu) tahun ajaran 2023/2024, bentuk proyek hasil dari pemanfaatan sampah seperti kalender, tempat pensil, jam, bingkai foto, dan kolase dari tutup botol bekas, dan kardus. Relevansi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan Pendidikan Agama Islam diharapkan, siswa dapat membiasakan diri untuk peduli dan menjaga alam dan melestarikannya sebagai tanggung jawab manusia dengan gelar khalifah fil ardh, memiliki keterikatan yang sangat erat dengan upaya pembentukan jiwa spiritual siswa, yang berciri khas dengan kompetensi keagaaman dalam pembelajaran, berperan dan berkontribusi di tengah masyarakat sebagai sosok yang tawadhu, karena P5 PPRA ini memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan Islam sehingga sangat berpengaruh terhadap karakter siswa, dengan demikian siswa dapat meningkatkan ketakwaan, adab beragama, adab kepada alam, sesama manusia, rasa saling menghormati, kerjasama, toleransi, tanggung jawab, dan saling menguatkan antar satu dengan lainnya.
References
BPMP Aceh, “Model Pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) Dalam Pembuatan Manisan Pada Mapel Prakarya Jenjang SMP “ http://lpmaceh,kemdikbud.go.id/?p=2027 Diakses 16 November 2023 pukul 21:40
Dasim dkk, PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, (Jakarta : Genesindo, 2009
Fenti Hikmawati, Metodologi Penelitian, Depok: Rajawali Pers, 2017
Misbahuddin, Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: BumiAksara 2014
Ni Wayan Rati dkk, “ Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas & Hasil Belajar Mahasiswa”, Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 6 No. 1 (April, 2017
Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka KMA No. 347 Th. 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta, 2016
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Syafruddin Nurdin & Adriantoni, Kurikulum & Pembelajaran, Depok : RajaGrafindo Persada, 2016
Taufiqurrahman, Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas, Semarang : Pilar Nusantara, 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NURLISMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.