KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIGLI

Authors

  • Dr. Rusnawati, MA STIT Al-Hilal Sigli

Keywords:

Kreativitas Guru PAI, Kejenuhan Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kreativitas Guru PAI dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sigli”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli. Dan  bagaimana kreativitas guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli. Untuk dapat menjawab rumusan masalah yang telah disebutkan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 guru PAI dan 9 orang siswa yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli adalah masih ada beberapa guru ketika mengajar tidak menggunakan metode yang bervariasi, tidak menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah, tata letak di dalam ruangan, keadaan lingkungan kelas yang ribut, menoton hanya menggunakan ruangan kelas ketika belajar, materi yang sulit dipahami dan guru yang tidak disenangi oleh siswa karena merasa takut. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, maka ada juga guru yang sudah memiliki kreativitas yang tinggi untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Adapun kreativitas guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli adalah dengan menerapkan berbagai variasi metode seperti metode tanya jawab, diskusi, debat, kelompok dan bercerita. Selain menggunakan berbagai variasi metode guru juga menerapkan berbagai variasi model pembelajaran seperti model pembelajaran jigsow, snowball. Guru juga senantiasa menerapkan ice breaking, dan melakukan kegiatan belajar sambil bermain, seperti membuat teka teki.

References

Abu Abdirrahman Al-Qawiy, Mengatasi Kejenuhan, Cet 1, Jakarta: Khalifa, 2004

Baharuddin, Pendidikan & Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009

Buchari Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Cet. II, Bandung: Alfabeta, 2009

Fitria Widiyani Roosinda, dkk, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021

Hasan Langgulung, Kreativitas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1991

Hendri Hermawan Nugraha, Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19, Jawa Tengah: Nasya Expanding Management, 2009.

Momon Sudarma, Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Muclis Sholihin, Psikologi Belajar PAI, Pemekasan: STAIN Pemekasan Press, 2006

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007

Ni’matul Fauziah, Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar, Volume X No. 1, juni 2013

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Wali Press, 2012

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2016

Sugihartono, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010

Syaiful Bahri Djamarah, Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara, 2004

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2006

Utami Munandar, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007

Zuhairini, dkk. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles