KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIGLI
Keywords:
Kreativitas Guru PAI, Kejenuhan Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini berjudul “Kreativitas Guru PAI dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sigli”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli. Dan bagaimana kreativitas guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli. Untuk dapat menjawab rumusan masalah yang telah disebutkan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 3 guru PAI dan 9 orang siswa yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi faktor-faktor yang menyebabkan kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli adalah masih ada beberapa guru ketika mengajar tidak menggunakan metode yang bervariasi, tidak menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah, tata letak di dalam ruangan, keadaan lingkungan kelas yang ribut, menoton hanya menggunakan ruangan kelas ketika belajar, materi yang sulit dipahami dan guru yang tidak disenangi oleh siswa karena merasa takut. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, maka ada juga guru yang sudah memiliki kreativitas yang tinggi untuk mengatasi kejenuhan tersebut. Adapun kreativitas guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sigli adalah dengan menerapkan berbagai variasi metode seperti metode tanya jawab, diskusi, debat, kelompok dan bercerita. Selain menggunakan berbagai variasi metode guru juga menerapkan berbagai variasi model pembelajaran seperti model pembelajaran jigsow, snowball. Guru juga senantiasa menerapkan ice breaking, dan melakukan kegiatan belajar sambil bermain, seperti membuat teka teki.
References
Abu Abdirrahman Al-Qawiy, Mengatasi Kejenuhan, Cet 1, Jakarta: Khalifa, 2004
Baharuddin, Pendidikan & Psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009
Buchari Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Cet. II, Bandung: Alfabeta, 2009
Fitria Widiyani Roosinda, dkk, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Zahir Publishing, 2021
Hasan Langgulung, Kreativitas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1991
Hendri Hermawan Nugraha, Tetap Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19, Jawa Tengah: Nasya Expanding Management, 2009.
Momon Sudarma, Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci, Jakarta: Rajawali Pers, 2013
Muclis Sholihin, Psikologi Belajar PAI, Pemekasan: STAIN Pemekasan Press, 2006
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007
Ni’matul Fauziah, Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar, Volume X No. 1, juni 2013
Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja Wali Press, 2012
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1991
Sudaryono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2016
Sugihartono, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010
Syaiful Bahri Djamarah, Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara, 2004
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2006
Utami Munandar, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007
Zuhairini, dkk. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 1983
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dr. Rusnawati, MA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.