KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • SITI HAWA STIT Al-Hilal Sigli

Keywords:

Kerja sama,orang tua, prestasi belajar siswa

Abstract

Kerjasama antara orang tua dan Guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan pengaruhnya terhadap karakter anak serta faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam  menalankan kerjasama dengan guru. Dimana jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengaruh kerjasama orang tua dan guru terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama orang tua dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sebagai teladan dan motivator bagi anaknya. Peran orang tua sangatlah besar dalam mendidik anak terutama dalam upaya meningkatkan prestasi akademik dan perilaku anak. Oleh karena itu orang tua harus menyadari peran dan tanggung jawabnya sebagai orang tua. usaha meningkatkan prestasi belajar peserta didik, guru hendaknya bekerjasama dengan pihak keluarga yaitu orang tua, orang tua merupakan pihak pertama yang bertanggung jawab besar terhadap pendidikan anaknya. berpengaruh terhadap perkembangan karakter anak dalam kehidupan sehari-harinya.

References

Hamid Darmadi, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)

Yudha M. Saputra dan Rudyanto, Pembelajaran Koorperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK, (Jakarta: Depdiknas, 2005)

Padmonodewo, Pendidikan Anak Pra Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Fuad Ihsan, Dasar-DasarKependidikan,(Jakarta: Rineka Cipta,2011)

Imam An-Nawawi, Al-Minhaj Syarh Sahih Muslimibn Al-Hajjaj Jilid XI, Terj. Fathoni Muhammad dan Futuhal Arifin, (Jakarta: Darus Sunah, 2011)

Amini, Profesi Keguruan, (Medan: Perdana Publishing. 2016)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007)

Putri Sahara, Kerjasama Antara Guru Pembimbing dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Kenakalan Santri Kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Islam Luqman BandarTongah Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun, Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara Medan 2013,

S. Nasution, Usaha-usaha Perbaikan Dalam Bidang Pendidikan dan Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta,1970)

Karwapi, Guru Sekolah Dasar, Beberapa Masalah dan Pendekatannya, (Bandung: Firma Hasmar, 2000)

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet. XI, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010)

Rianawati, Kerjasama Gurudan Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak, (Pontianak: Top Indonesia, 2017)

Abu Ahmadi dan Supriyono, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)

Damayanti dan Mudjiono, Belajardan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Zahrotul Aula, Kerja Sama Antara Orang Tua dan Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN Malang 1,Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, UIN Maulana Malik Ibrahim, 2015,

Nurussakinah Daulay, Psikologi Kecerdasan Anak, (Medan Perdana Publishing, 2015)

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles