PEMANFAATAN MEDIA GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI DI SD KHARISMA BANGSA

Authors

  • Wardatul Rahmi, Reksiana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta

Keywords:

Media Pembelajaran, Game Wordwall, Motivasi Belajar

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam dunia pendidikan terletak pada lemahnya proses pembelajaran, metode dan media yang digunakan oleh guru tidak bervariasi sehingga menyebabkan rasa bosan dan berkurang motivasi belajar pada diri siswa dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran game wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SD Kharisma Bangsa kota Tangerang selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, wali kelas serta siswa-siswi kelas IV yang terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media game wordwall dapat digunakan dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, implikasi game wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan terdapat beberapa tantangan dalam penggunaan media game wordwall.

References

Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Maulana Maulana, Rini Nursaadah, dan Salsabila Baliani Putri Sopian. “Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (2022): 1835.

Hendrizal, “Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Riset,no 2(2022): 45-47

Idrus, Nila Wati, Dwi Yulianti, Ujang Suparman, dan Zainal Abidin Arief. “Pemanfaatan media wordwall dalam peningkatan perbendaharaan kosakata (vocabulary) pada pembelajaran bahasa Inggris.” Jurnal Bahasa dan Sastra 22, no. 2 (2021): 376–87.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2016).

Mulyana. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo, 2010.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. 7 ed. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Palupi, Anggini Tyas, Nugraheti Sismulyasih, Zaenatul Wasilah, dan Fadia Nur Farikah. Metode Dan Media Inovatif: Jadikan Siswa Luar Biasa Terampil Dalam Berbahasa. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery, 2023.

Pamungkas, Zhenith Surya, A Randriwibowo, L Nur, A Wulansari, N G Melina, dan A Purwasih. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih.” Social Pedagogy: Journal of Social Science Education 2, no. 2 (2021): 136–37.

Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 2022.

Sukiyat, H. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.

Turohmah, Fauzia, Elsa Mayori, dan Resna Yuliana Sari. “Media pembelajaran Word Wall dalam meningkatkan kemampuan mengingat kosa kata bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14, no. 1 (2020): 13–19.

Wulandarai, Sri, Restiwi Peni, Muhammad Fahmi, dan Fina Arrizka Ayuningtyas. “Implimentasi E-Learning (Wordwall) pada pembahasan pendidikan Agama Islam pada kelas XIII Mipa 2 di SMA Negeri 3 Sidoarjo.” Jurnal Ilmiah Pro Guru 9, no. 2 (2023): 173–84.

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles