PENERAPAN ARTIFICIAL INTELEGENCE MELALUI APLIKASI MUSLIM PRO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Zulfahmi, Saifuddin A Gani ISBI Aceh, Indonesia

Keywords:

Artificial Intelegence, pendidikan Islam, tahsinul Qur’an

Abstract

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence (AI) adalah cabang ilmu komputer yang menekankan pengembangan intelijen mesin, pola berpikir dan bekerja seperti manusia. Di Indonesia sendiri belum mencapai tingkat persentase yang cukup tinggi dalam hal mengadopsi Artificial Intelegence, dengan demikian perlu adanya genjotan sistem tersebut dalam bidang pendidikan. Menciptakan kualitas belajar siswa yang lebih baik dan upaya penerapan pembentukan nilai beserta karakter siswa maupun mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif. Sumber penelitian adalah aplikasi Muslim Pro yang digunakan sebagai data primer dengan mendeskripsikan Artificial Intelligent dan fitur-fitur yang tersedia di Muslim Pro. Penelitian ini menunjukkan bahwa fitur Qur’an dalam aplikasi Muslim Pro dapat digunakan dalam pembelajaran tahsinul Qur’an. Penggunaan teknologi pembelajaran khususnya Artificial Inteligent akan membuat proses pembelajaran lebih praktis serta membuka wawasan siswa untuk mengembangkan potensinya lebih jauh walaupun tanpa adanya bimbingan langsung dari guru. Penggunaan aplikasi Muslim Pro dalam pembelajaran tahsinul Qur’an juga akan membuat siswa mengetahui kukurangan-kekurangan bacaan Al-Qur’an yang biasa dipraktikkannya setelah dia bandingkan dengan bacaan yang benar dalam aplikasi Muslim Pro. Hal itu akan membuat siswa terbiasa dan terus meningkatkan kemampuannya dalam tahsinul Qur’an walaupun diluar waktu sekolah. Selain itu siswa dapat memanfaatkan waktu luang untuk terus belajar dengan penggunaan aplikasi ini. Penerapan aplikasi Muslim Pro dalam pembelajaran tahsinul Qur’an diharapkan akan membuat pembelajaran tahsinul Qur’an menjadi lebih mudah.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culure: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(2), 88-100.

Billy, Kuswardayan, I., & Khotimah, W.N. (2017). Implementasi Aritificial Intellegence pada Game Defender of Metal City dengan Menggunakan Finite State Machine. Jurnal Teknik Pomits, 2(6).

Gerungan, W.A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Glock, C.Y. & Stark, R. (2019). American Piety: The Nature of Religious Commitment dalam Ahmad Saifuddin, Psikologi Agama: Implementasi Psikologi Untuk Memahami Perilaku Agama. Jakarta: Kencana.

Halim, C., & Prasetyo. H. (2018). Penerapan Artificial Intellegence dalam Computer Aided Instructure (CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1).

Khoirunisa, R., Apriliyanto, E., Sandi, A. S., & Kusrini. (2020). Penggunaan Natural Language Processing Chatbot Untuk Media Informasi Pendidikan. Indonesian Journal of Applied Informatics, 7(11).

Mediabuzz, “Muslim Pro Is No 1. Islamic Mobile App With Over 10 Million Downloads Globallyno Title,” last modified 2014, https://www.mediabuzz.com.sg/companies-campaigns-april-14/muslim-pro-is-no-1-islamic-mobile-app-with-over-10-million-downloads-globally.

Papacharissi, Z., & Rubin, A.M.. “Predictors of Internet Use.” https://doi.org/10.1207/s15506878jobem4402_2 44, no. 2 (2010): 175–196. Accessed July 16, 2021. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1207/s15506878jobem4402_2.

Pramiyanti, Putri, I.P., & Nureni, R. (2014). Motif Remaja Dalam Menggunakan Media Baru (Studi Pada Remaja Di Daerah Sub-Urban Kota Bandung. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 2(6), 95-103.

Purnomo, D. (2017). Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. Jurnal Informartika Merdeka Pasuruan, 2(8).

Russel, S., & Norvig, P. (2010). Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) .United States: Pearson.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang Di Era Disrupsi 4.0. Yogyakarta: Genesis.

Setyawati, N. (2015). Motif Masyarakat Surabaya Dalam Menonton Acara Berita Kriminal Kecrek MHTV. Jurnal e-Komunikasi, 1(3)

Siregar, Q.A., Truna, D.S., & Kahmad, D. (2020). Tekno-Kultur-Religi di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Netnografi pada Pengguna Aplikasi Muslim Pro di Kalangan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung. Jurnal Sosioteknologi, 3(19), 469-481.

Sudaryanto. (1992). Metode Linguistik Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P.S., & Gitakarma, M.S. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15-21.

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles