NILAI MODERASI BERAGAMA PADA GEN-Z DALAM AL QURAN DAN HADITS DALAM YOUTUBE CLOSE THE DOOR HABIB HUSEIN JA’FAR Al-HADAR
Keywords:
Moderasi beragama, Gen-Z, Dakwah, DisinformasiAbstract
Moderasi beragama adalah nilai penting dalam pembentukan kepribadian individu dan masyarakat. Dalam konteks pendidikan, nilai-nilai ini berperan dalam menanamkan sikap saling menghormati, toleransi, dan mencegah radikalisme. Al-Quran dan Hadits menekankan pentingnya moderasi beragama melalui ajaran keseimbangan dan jalan tengah. Gen-Z, yang tumbuh di era digital, menghadapi tantangan disinformasi yang mengharuskan pemahaman kritis terhadap nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini menganalisis metode dakwah Habib Husein Ja'far al-Hadar yang berhasil menarik minat Gen-Z melalui konten kreatif dan relevan di kanal YouTube "Close The Door". Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis konten video Habib Husein yang fokus pada nilai moderasi beragama. Analisis dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap video dan literatur terkait, menghasilkan temuan tentang strategi dakwah yang efektif dalam menyampaikan pesan moderasi beragama kepada generasi muda.
References
Darimi Ismail. (2022). Implementasi Nilai Moderasi Beragama pada Generasi Milenial. Teungku: Jurnal Guru Nahdlatul Ulama, 1(1), 285–302.
Fadilah, A. N. (2022). KONSEP MODERASI BERAGAMA: Perspektif Husein Ja’far Al Hadar dan Urgensinya pada Pendidikan Agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 317–333. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i3.2115
Ja, H., Mailinda, R., & Patricia, P. R. (2022). No Title. 23(2), 142–156.
Kurniawan, S. (2021). Panta Rhei Ragam Ekspresi, Krisis yang Dialami dan Tantangan yang Dihadapi Umat Beragama. Ayunindiya.
Haq, T. Z. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Perilaku Sosial Generasi Millenial Ditinjau Dari Neurosains. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(1), 88–108. https://doi.org/10.31538/almada.v3i1.609
Mipa, S. N. (2017). Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.
Muradho, H. K., Mahdi, I., & Iqbal, M. (2024). Dagital Dakwah Habib Husein Ja ’ far Al -Hadar dalam Konten Youtube Login ( Analisis Teori Media Baru ). 06(03), 16857–16865.
Nasarudin, N., Jamil, H., Choiruddin, C., Susanti, S., Syahrizal, S., Arianto, T., Mahrida, M., Ridawati, M., Sutrisno, S., & Assahary, S. (2023). Urgensi Pendidikan Islam di Perguruan Tinggi. CV. Gita Lentera. https://books.google.co.id/books?id=FVDcEAAAQBAJ
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu'ashirah: Media Kajian Al-Qur'an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 18(1), 59-70. http://dx.doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Rahmat, H. (2022). Toleransi dan Moderasi Beragama. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 49–60Wibisono, M. ., T, Z., Viktorahadi, R. F. ., Rahman, M. ., & Ziaulhaq, M. (2023). Persepsi dan Praktik Toleransi Beragama di Kalangan Mahasiswa Muslim dan Non-Muslim. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Shokhibul Mighfar, Fierlita Amalia, Isnaini Munawaroh, Siti Nur Halimah, Apriyani Muyasaroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.