PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Hadini, Firdaus, Hayati, Nurbayani UIN Ar-Raniry Banda Aceh, UIN Djamil Jambek Bukit Tinggi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Pendidikan Lingkungan, Al-Qur’an

Abstract

Pesoalan Pendidikan harus menjadi konsen bagi pendidik dalam pengembangan pendidikannya. Dengan itu diharapkan dapat melahirkan profil anak didik yang memahami hakikat lingkungan, pada tahap selanjutnya ia bisa berinteraksi dengan lingkungan dalam bentuk terwujudnya optimalisasi peran manusia dalam mengelola lingkungan di sekitarnya. Dalam kajian ini peneliti melakukan metode library research (penelitian pustaka). Yaitu melakukan penelusuran terhadap literatur-literatur berupa buku-buku, hasil penelitian, serta jurnal-jurnal, baik nasional maupun internasional. Dari hasil kajian ditemukan pandangan Al-Qur’an menyangkut pendidikan lingkungan. Pertama, hubungan manusia terhadap lingkungan menurut Al-Qur’an dalam bentuk hubungan struktural dan fungsional. Secara struktural, posisi manusia di dalam lingkungan diletakkan di posisi yang proporsional, yaitu tidak secara ekstrim menguasai lingkungan dan tidak pula secara ekstrim dikuasai oleh lingkungan. Secara fungsional, manusia mempunyai tiga peran utama, yaitu fungsi sebagai pengelola lingkungan, sebagai pelestari/ pengguna lingkungan dan sumber dayanya, serta sebagai penyangga lingkungan. Kedua, peran pendidikan terhadap lingkungan, di antaranya, melakukan spiritualisasi lingkungan dengan menjadikan perlakuan terhadap lingkungan sebagai ibadah. Selanjutnya mereorientasi pendidikan lingkungan tidak hanya sebatas pengetahuan saja, tetapi juga menyangkut pembelajaran subtantif dan pemaknaan serta juga aplikatif. Adapun metode yang digunakan seperti metode ekspository, karyawisata dan keteladanan.

References

Al-Qur’an

Abdillah, Mujiono, Agama Ramah Lingkungan : Perspektif Al-Qur’an (Jakarta: Paramadina, 2001)

al Fandi, Muhammad Jamaluddin, Al Qur’an tentang Alam Semesta, (Jakarta: Amzah, 2008)

Al Syaibani, Mohammad al Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang: 1979)

Amri, Ulil, Pendidikan Karakter Berbasis Akhlak, (Jakarta: Rajawali Press, 2014)

Madjid, Nurcholish, Islam, Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan kemodernan, (Jakarta: Paramadina, 2000)

Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan, 1998)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2013)

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, (Bandung: Mizan, 1999)

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Juz. VII, Cet. I, (Jakarta: Penerbit Lentera Hati, 2000)

Syakir, Syaikh Ahmad, Mukhtasar Tafsir Ibnu Katsir (Jakarta: Dar Sunnah, 2017)

WJS Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia cet XVII (Jakarta: Balai Pustaka, 2018)

Downloads

Published

2024-07-22

Issue

Section

Articles