STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA SISWA

Authors

  • Dahniar Dahniar

DOI:

https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v20i2.599

Keywords:

Guru PAI, Kesadaran Beragama, Siswa

Abstract

Kesadaran beragama merupakan konsep yang kompleks yang mencakup pemahaman individu terhadap keyakinan, nilai, dan praktik dalam konteks agama. Dalam penelitian ini yang dimaksud kesadaran beragama adalah konsep dimana siswa mampu mengendalikan akal, perasaan, dan prilaku untuk melahirkan tindakan yang menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari baik dari hubungan dengan sang penciptanya, hubungan sesama makhluk maupun hubungan dengan lingkungannya. Guru PAI selain mengajar juga memilki tugas dan tanggung jawab untuk membimbing dan membentuk siswa untuk memiliki kesadaran dalam beragama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dimana kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian ini berasal dari buku, jurnal ilmiah, literatur dan publikasi lain yang layak dijadikan sumber untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Ada beberapa strategi yang bisa diberikan oleh guru PAI untuk meningkatkan kesadaran beragama siswa yaitu: Pertama, pendidikan nilai: Guru dapat mengintegrasikan ajaran agama dalam kurikulum dengan memperkenalkan nilai-nilai yang diperintahkan oleh agama. Kedua, Contoh teladan: Guru bisa menjadi contoh yang baik dalam menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, konseling dan bimbingan: Guru dapat memberikan konseling dan bimbingan kepada siswa yang membutuhkan untuk membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang agama dan spiritualitas. Kempat, kolaborasi dengan orang tua dan komunitas.

References

Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Abdul Aziz Ahyadi, Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila, Bandung: Sinar Baru, 1991.

Ahmad Dan Ode Muhammad Man Arfa Ladamay, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al-Quran Siswa, Tarlim; Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 7 No. 2, September 2024, hal. 221.

Amri Mahmud, Psikologi Pendidikan dan Strategi Guru, Bandung: Alfabeta, 2020.

Daryanto, Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo, 1997.

Departemen Agama RI, Al Qur’an Dan Terjemahannya, Semarang: Toha Putra. 1989.

Ervien Zuroidah, Kesadaran Beragama pada Masa Remaja, Maddah: Journal Of Advanced Da’wah Management Research, UIN Kyai Achmad Siddiq Jember, 2022.

Ikhsan Hakim Albi, Guru Motivator kepada Siswa, Bandung: Alfabeta, 2020.

Jalaluddin Rahmat, Psikologi Agama, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Julian Rahmadi, Akhlak dan Moral bagi Siswa, Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2022.

Lutfi Hakim, Moral dan Etika Murid, Jakarta: Persada, 2020.

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Mujamil Qomar, Kesadaran Pendidikan: Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan, Jokyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Muhib Khalidi, Penanaman Ideologi Sejak Pendidikan Dini, Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2023.

Ramayulis, Agama dan Etika Terhadap Siswa, Bandung: Alfabeta, 2022.

Suci Nirmala, Guru dan Kontribusi Siswa dalam Pembelajaran, Jakarta: Pustaka Insan Madani, 2022.

Putri dan Nurlaila, Problematika Kesadaran Beragama Pada Remaja di Desa Mbuju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, Jemari ; Jurnal Edukasi Mahasiswa Sunan Giri Bima, hal. 8.

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles