KONSTRIBUSI LAYANAN GURU PAI DALAM MENGATASI BURN OUT SISWA
Keywords:
Strategi Guru, Mengatasi, Kejenuhan Siswa, Burn OutAbstract
Jurnal Ini Berjudul “Konstribusi Layanan Guru PAI dalam Mengatasi Burn Out Siswa” Adapun yang menjadi penekan masalah dalam jurnal ini adalah faktor-faktor kejenuhan belajar siswa, dan ciri-ciri kejenuhan belajar siswa serta bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Dalam jurnal ini terpaparkan bahwa faktor-faktor kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa salah satunya yaitu kondisi ruang kelas yang tidak berubah-ubah, tidak adanya aktivitas belajar di alam bebas dengan arti lain di tempat terbuka, tidak ada permainan/game pada saat belajar, fisik yang mengalami kelelahan, dan kurangnya aktivitas rekreasi/hiburan. Ciri-ciri kejenuhan belajar siswa yaitu suasana kelas yang tidak tenang, Siswa meminta izin keluar silih berganti ketika proses pembelajaran, dan mengganggu teman atau usil saat belajar. Sedangkan strategi yang digunakan guru PAI untuk mengatasi kejenuhan belajar adalah menegur siswa jika kedapatan tidur di kelas, menggunakan metode yang bervariasi, mengajak siswa belajar diluar ruangan kelas, memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah dan memberi motivasi sebelum memulai pembelajaran.
References
Abu Abdirrahman Al-Qawiy, Mengatasi Kejenuhan, Cet.I, Jakarta: Khalifa, 2004
Anissatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009
Armand T. Fabella, Anda Sanggup Mengatasi Stres, Jakarta: Publishing House, 1993
B. Simandjuntak, Proses Belajar Mengajar, Edisi II, Bandung: Tarsito Bandung, 1983
Baharuddin, Pendidikan & Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009
Buchari Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Cet. II, Bandung: Alfabeta, 2009
Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Eka Dianti Usman, Murid Sulit Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2011
Muclis Sholihin, Psikologi Belajar PAI, Pemekasan: STAIN Pemekasan Press, 2006
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003
Raymond J. Wlodkowski dan Judith H. Jaynes, Motivasi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1991
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1991
Sri Rumini, Psikologi Umum, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Yogyakarta, 1998
Sugihartono, dkk, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Cet. Ke-III, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara, 2004
Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2006
W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2002
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fuad, MA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.