KONSTRIBUSI LAYANAN GURU PAI DALAM MENGATASI BURN OUT SISWA

Authors

  • Fuad, MA

Keywords:

Strategi Guru, Mengatasi, Kejenuhan Siswa, Burn Out

Abstract

Jurnal Ini Berjudul “Konstribusi Layanan Guru PAI dalam Mengatasi Burn Out Siswa” Adapun yang menjadi penekan masalah dalam jurnal ini adalah faktor-faktor kejenuhan belajar siswa, dan ciri-ciri kejenuhan belajar siswa serta bagaimana strategi guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Dalam jurnal ini terpaparkan bahwa faktor-faktor kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa salah satunya yaitu kondisi ruang kelas yang tidak berubah-ubah, tidak adanya aktivitas belajar di alam bebas dengan arti lain di tempat terbuka, tidak ada permainan/game pada saat belajar, fisik yang mengalami kelelahan, dan kurangnya aktivitas rekreasi/hiburan. Ciri-ciri kejenuhan belajar siswa yaitu suasana kelas yang tidak tenang, Siswa meminta izin keluar silih berganti ketika proses pembelajaran, dan mengganggu teman atau usil saat belajar. Sedangkan strategi yang digunakan guru PAI untuk mengatasi kejenuhan belajar adalah menegur siswa jika kedapatan tidur di kelas, menggunakan metode yang bervariasi, mengajak siswa belajar diluar ruangan kelas, memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah dan memberi motivasi sebelum memulai pembelajaran.

References

Abu Abdirrahman Al-Qawiy, Mengatasi Kejenuhan, Cet.I, Jakarta: Khalifa, 2004

Anissatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009

Armand T. Fabella, Anda Sanggup Mengatasi Stres, Jakarta: Publishing House, 1993

B. Simandjuntak, Proses Belajar Mengajar, Edisi II, Bandung: Tarsito Bandung, 1983

Baharuddin, Pendidikan & Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009

Buchari Alma, Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar, Cet. II, Bandung: Alfabeta, 2009

Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Bandung: Pustaka Setia, 2009

Eka Dianti Usman, Murid Sulit Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2011

Muclis Sholihin, Psikologi Belajar PAI, Pemekasan: STAIN Pemekasan Press, 2006

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

Raymond J. Wlodkowski dan Judith H. Jaynes, Motivasi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Sri Rumini, Psikologi Umum, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Yogyakarta, 1998

Sugihartono, dkk, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Cet. Ke-III, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif, Jakarta: Puspa Swara, 2004

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2006

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo, 2002

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles