INTERNALISASI PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Hadini Hadini FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Internalisasi,Pendidikan Karakter,Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam

Abstract

Akhlak dan Karakter yang mulia merupakan tujuan dari Pendidikan Islam, bahkan juga menurut amanat undang-undang negara Indonesia. Salah satu peran terbesar pendidikan Islam adalah upayanya untuk menginternalisasikan nilai-nilai Akhlak dan Karakter yang mulia tersebut, namun dikarenakan antara Akhlak dan Karakter merupakan dua istilah yang berbeda, maka tentu saja proses internalisasi yang dilakukan oleh Pendidikan Islam dilakukan dengan pendekatan yang berbeda pula. Dalam kajian ini peneliti menggunakan  metode library research (penelitian pustaka). Di mana peneliti melakukan penelusuran terhadap literatur-literatur berupa buku-buku, hasil penelitian, serta jurnal-jurnal, baik nasional maupun internasional. Dari hasil kajian yang dilakukan ditemukan bahwa, pertama, Dari uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa: pertama, meneladani 99 asma’ul husna dengan metode perintah, larangan, targhib (motivasi) wa tarhib, kisah, dialogis, pembiasaan dan qudwah  (keteladanan, di mana metode pembiasaan dan metode qudwah merupakan metode yang paling membekas dalam pembentukan akhlak. Kedua, peran lingkungan terutama peran keluarga sebagai pendidik yang pertama perlu membuat rancangan dan strategi yang tepat untuk pengembangan karakter, di antaranya yaitu penguatan Lembaga Adat, memelihara Kearifan Lokal (local wisdom), pengembangan Budaya dalam Kajian Keilmuan Interdisipliner, pengembangan Kurikulum Muatan Lokal di Lembaga Pendidikan, Pendidikan Multi Cultural, kerjasama Tri Pusat Pendidikan dan pengembangan karakter dalam Aplikasi IT

References

Agustian, Ary Ginanjar, ESQ Power, (Jakarta: Arga, 2003)

Al Aqqad, Abbas Mahmud, Filsafat Qur’an: Filsafat, Spiritual, dan Sosial dalam Isyarat Qur’an, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996)

al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Terj. Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Amri, Ulil, Pendidikan Karakter Berbasis Akhlak, (Jakarta: Rajawali Press, 2014)

Gustems, Josep dan Calderon, Character Strengths and Psychological Wellbeing among Students of Teacher Education, International Journal Educational Psychology, Vol, 13, No 3, 2014

Harahap, Syahrin, Penegakan Moral Akademik di Dalam dan di Luar Kampus, (Jakarta: Rajawali Press, 2005)

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis dan Pendidikan cet III, (Jakarta: Al Husna, 1995)

Madjid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: Rosda Karya, 2013)

Madjid, Nurcholish, Pintu-pintu Menuju Tuhan (Jakarta: Paramadina, 1999)

Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan, 1998)

P Seligman, Martin, Beyond Authentic Happiness: Menciptakan Kebahagiaan Sempurna dengan Psikologi Positif, (Bandung: Kaifa, 2013)

Samani, Muchlas, Model dan Konsep Pendidikan Karakter, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013)

Shihab, M. Quraish, Menyingkap Tabir Ilahi: Asma’ul Husna dalam Perspektif Al-Qur’an (Jakarta: Lentera, 2006)

----------, Wawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Ummat (Bandung: Mizan, 1998)

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles