SOSOK DAN PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DALAM KONSEP PENDIDIKAN

Authors

  • Muhammad Yani STIT DARUSSALAMAH PIDIE BANDA ACEH

Keywords:

Sosok, Pemikiran, Ibnu Khaldun, Konsep Pendidikan

Abstract

Pendidikan bagi umat manusia merupakan kekuatan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil kelak manusiadapat  hidup  berkembang  sejalan  dengan  aspirasi  dan  cita-cita  untuk  maju. Pendidikan sangat penting bagi kehidupan, karena tanpa pendidikan seseorang tidak akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Penelitian ini terfokus pada kajian kepustakaan dengan cara menghimpun informasi yang relevan dari seorang tokoh pendidikan yakni Ibnu Khaldun tentang konsep pendidikan. Studi Pustaka ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Ibnu Khaldun lahir pada saat keluarganya telah mengakhiri kiprahnya di dunia politik dan lebih menaruh perhatian pada ilmu agama dan pendidikan. Ibnu Khaldun yang memiliki nama lengkap Abdu al-Rahman ibn Muhammad ibn Muhammad  ibn Muhammad  ibn al-Hasan ibn Jabir ibn Muhammad  ibn Ibrahim ibn Khalid ibn Usman ibn Hanil ibn al-Khathab ibn Kuraib ibn Ma’dikarib    ibn   al-Harish    ibn   Wail   ibn   Hujr    menjalani masa-masa pertumbuhan dalam suasana keilmuan dan peribadatan yang tenang di bawah asuhan  kedua orang tuanya.  Ibnu  Khaldun adalah  seorang pendidik  dengan beberapa keterampilan  yang luar biasa. Ia merupakan seseorang yang sangat disegani di kalangan para pemikir-pemikir baik Barat maupun Timur Tengah. Ibnu   Khaldun   adalah   seorang   tokoh   besar   dunia   Islam,   yang  berhasil memberikan kontribusi yang begitu besar dalam dunia keilmuan yang ada di dunia. Dalam konsep pendidikan Ibnu Khaldun membagi menjadi 3 bagian, yaitu : pandangan  tentang manusia didik, pandangan tentang ilmu, metode pengajaran. Menurut Ibnu Khaldun ada tiga tingkatan tujuan yang hendak dicapai dalam proses pendidikan, yaitu: Pengembangan   kemahiran   (al-malakah   atau   skill)   dalam   bidang tertentu, Penguasaan  keterampilan  profesional  sesuai dengan tuntutan zaman, dan Pembinaan pemikiran yang baik.

References

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997

Ali Abdul Wafi, Ibnu Khaldun, Riwayat dan Karyanya, Jakarta: Garviti Press, Cet. Ke-1,1985.

Fathiyyah Hasan Sulaiman, Pandangan Ibnu Khaldun tentang Ilmu dan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro, 1987.

Fuad Bali dan Ali Wardi, Ibnu Khaldun dan Pola Pemikiran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989

Gazali, Terj. Method of Text and Discourse Analysis, Yogyakarta: Pustaka Pelasjar, 2009.

Hanafi Halid, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Sleman : CV Budi Utama, 2018.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1989.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Masarudin Siregar, Konsepsi Pendidikan Ibnu Khaldun (suatu analisis fenomenologi). Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisango Semarang, 1999.

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Muhammad Abdullah Enan, Biografi Ibnu Khaldun, Jakarta: Zaman, 2013.

Muhammad Jawwad Ridha, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis-filosofis). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

Munawir Ghazali, Islam dan Tata Negara,Jakarta : UI Press, 1990.

Rustam Thoyyib Darmuin, Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Tokoh Klasik dan Kontenporer).Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Syahrul Riza, “Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Ibn Khaldun: Suatu Kajian Terhadap Elemen-Elemen Kemasyarakatan Islam”, Tesis--Universiti Sains Malaysia, P. Pinang, 2008.

Toto Suharto, Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003

Warul Walidin, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern. Yogyakarta: Suluh Press, 2005.

Zainal Al-Khuddari, Falsafah Al- Tarikh Ibnu Khaldun, Bandung :Pustaka Bandung, 1987

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles