SOSOK DAN PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DALAM KONSEP PENDIDIKAN
Keywords:
Sosok, Pemikiran, Ibnu Khaldun, Konsep PendidikanAbstract
Pendidikan bagi umat manusia merupakan kekuatan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil kelak manusiadapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi dan cita-cita untuk maju. Pendidikan sangat penting bagi kehidupan, karena tanpa pendidikan seseorang tidak akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan. Penelitian ini terfokus pada kajian kepustakaan dengan cara menghimpun informasi yang relevan dari seorang tokoh pendidikan yakni Ibnu Khaldun tentang konsep pendidikan. Studi Pustaka ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Ibnu Khaldun lahir pada saat keluarganya telah mengakhiri kiprahnya di dunia politik dan lebih menaruh perhatian pada ilmu agama dan pendidikan. Ibnu Khaldun yang memiliki nama lengkap Abdu al-Rahman ibn Muhammad ibn Muhammad ibn Muhammad ibn al-Hasan ibn Jabir ibn Muhammad ibn Ibrahim ibn Khalid ibn Usman ibn Hanil ibn al-Khathab ibn Kuraib ibn Ma’dikarib ibn al-Harish ibn Wail ibn Hujr menjalani masa-masa pertumbuhan dalam suasana keilmuan dan peribadatan yang tenang di bawah asuhan kedua orang tuanya. Ibnu Khaldun adalah seorang pendidik dengan beberapa keterampilan yang luar biasa. Ia merupakan seseorang yang sangat disegani di kalangan para pemikir-pemikir baik Barat maupun Timur Tengah. Ibnu Khaldun adalah seorang tokoh besar dunia Islam, yang berhasil memberikan kontribusi yang begitu besar dalam dunia keilmuan yang ada di dunia. Dalam konsep pendidikan Ibnu Khaldun membagi menjadi 3 bagian, yaitu : pandangan tentang manusia didik, pandangan tentang ilmu, metode pengajaran. Menurut Ibnu Khaldun ada tiga tingkatan tujuan yang hendak dicapai dalam proses pendidikan, yaitu: Pengembangan kemahiran (al-malakah atau skill) dalam bidang tertentu, Penguasaan keterampilan profesional sesuai dengan tuntutan zaman, dan Pembinaan pemikiran yang baik.
References
Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997
Ali Abdul Wafi, Ibnu Khaldun, Riwayat dan Karyanya, Jakarta: Garviti Press, Cet. Ke-1,1985.
Fathiyyah Hasan Sulaiman, Pandangan Ibnu Khaldun tentang Ilmu dan Pendidikan. Bandung: CV. Diponegoro, 1987.
Fuad Bali dan Ali Wardi, Ibnu Khaldun dan Pola Pemikiran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989
Gazali, Terj. Method of Text and Discourse Analysis, Yogyakarta: Pustaka Pelasjar, 2009.
Hanafi Halid, Dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Sleman : CV Budi Utama, 2018.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1989.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Masarudin Siregar, Konsepsi Pendidikan Ibnu Khaldun (suatu analisis fenomenologi). Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisango Semarang, 1999.
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
Muhammad Abdullah Enan, Biografi Ibnu Khaldun, Jakarta: Zaman, 2013.
Muhammad Jawwad Ridha, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis-filosofis). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.
Munawir Ghazali, Islam dan Tata Negara,Jakarta : UI Press, 1990.
Rustam Thoyyib Darmuin, Pemikiran Pendidikan Islam (Kajian Tokoh Klasik dan Kontenporer).Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Syahrul Riza, “Konsep Pendidikan Islam Menurut Pemikiran Ibn Khaldun: Suatu Kajian Terhadap Elemen-Elemen Kemasyarakatan Islam”, Tesis--Universiti Sains Malaysia, P. Pinang, 2008.
Toto Suharto, Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003
Warul Walidin, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern. Yogyakarta: Suluh Press, 2005.
Zainal Al-Khuddari, Falsafah Al- Tarikh Ibnu Khaldun, Bandung :Pustaka Bandung, 1987
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Yani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.