REVOLUSI BRANDING LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI OPTIMALISASI MARKETING MIX DI ERA DIGITAL

Authors

  • Ahmad Nur Hafid UNIVERSITAS KH MUKTAR SYAFAAT
  • Muhammad Sidiq Purnomo UNIVERSITAS KH MUKTAR SYAFAAT

Keywords:

Lembaga Pendidikan, marketing mix, strategi pemasaran

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi marketing mix di SMP Muktar Syafaat dalam meningkatkan citra sebagai lembaga pendidikan berbasis pesantren yang unggul di era digital. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa sekolah berhasil mengintegrasikan kurikulum keislaman dan nasional, menciptakan produk pendidikan holistik yang mencakup tahfiz Al-Qur’an, sains, dan keterampilan abad ke-21. Kebijakan harga yang fleksibel, lokasi strategis, promosi digital dan tradisional, serta layanan berkualitas menjadi elemen penting strategi ini. Bukti fisik, seperti fasilitas modern, dokumentasi kegiatan, dan materi promosi, memperkuat citra positif sekolah. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan masyarakat tetapi juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan global sambil menjaga identitas keislaman. Penelitian ini menyoroti pentingnya kombinasi inovasi dan tradisi dalam strategi pemasaran pendidikan berbasis pesantren, memberikan wawasan bagi lembaga serupa dalam menghadapi dinamika pendidikan modern.

References

Abadi, N. H., & Hidayatulloh, H. (2022). Using Marketing Mix and Brand Image As Marketing Strategy for Islamic Educational Institutions. KnE Social Sciences, 2022, 339–349. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11236

Cahyono, T. D. (2022). Review Literatur Akademik tentang Pengaruh Strategi Komunikasi Pemasaran Digital terhadap pilihan Mahasiswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4869–4878.

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., & Krishen, A. S. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59, 102168.

Gunawan, A. (2024). Kepemimpinan Melayani di Era Digital: Mendorong Komitmen dan Perilaku Positif Pendidik dalam Perguruan Tinggi. Selat Media.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Kartashova, L. A., Prykhodkina, N. O., Makhynia, T. A., Tymoshko, H. M., Sholokh, O. A., & Zhuravlev, F. M. (2022). Social media as a strategic tool in school management: experience of Ukraine and USA. AET 2020, 196.

Lutfi, M., Arifandi, A., Anggraini, T. M., & Masyhud, M. S. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat (Studi Kasus Di Sdn Rowokangkung 01 Lumajang). Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(3), 241–328.

Manurung, J., & Siagian, H. L. (2021). Membangun brand image sebagai manajemen strategi dalam upaya meningkatkan daya saing pada lembaga pendidikan. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(2), 365–381.

Moh Suhri Rohmansyah, Abdul Muin Bahaf, & Anis Zohriah. (2023). Marketing Mix in Educational Services Marketing in the Digital Age. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(4), 1822–1830. https://doi.org/10.58526/jsret.v2i4.302

Mushoffi, M. F., & Supardi, S. (2024). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 4 Porong: Sebuah Studi Kualitatif dengan Pendekatan Marketing Mix (7P). Journal of Education Research, 5(3), 3983–3994.

Muzadi, P. K. H. A. H. (2024). Pendidikan Pesantren. Dr. Adi Wijayanto, S. Or., S. Kom., M. Pd., AIFO. Dr. Amrullah., M. Pd. I. Dr. Hamdan Husein Batubara, M. Pd. I. Dr. Sutrisno, S. Ag., M. Pd. I. Arrinda Luthfiani Ayzzaro’, M. Pd., 111.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183–188.

Nurkaidah, A. (n.d.). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fatih Depok.

Qutni, D. (2021). Efektivitas Integrasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Di Smp Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an). Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 103–116.

Setyaningsih, K., & Nursa’diah, D. (2024). Evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 548–559.

Setyawan, M., Cristo, J. L., & Wenas, M. B. (2024). Perancangan Video Profile Sekolah Ekklesia Dengan Menggunakan Linear Strategy Untuk Membangun Citra Positif Sekolah. IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 309–327.

Sinaga, A. V. (2023). Peranan teknologi dalam pembelajaran untuk membentuk karakter dan skill peserta didik abad 21. Journal on Education, 6(1), 2836–2846.

Suherni, E. S., Wahyudin, A., & Mu’in, A. (2023). Maintaining the Quality of the Institution by Implementing the Education Services Mix. Journal of Educational Analytics, 2(4), 503–514. https://doi.org/10.55927/jeda.v2i4.6709

Thomafi, N. A. S., Zuhdi, M., & Rozak, A. (2024). Implementasi Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum di MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 8(2), 79–95.

Wirayanti, W., Erna, E., Cherawati, C., & Khaerani, S. (2024). Metode Pendidikan Tradisional Pesantren dalam Membina Akhlak Santri (Studi Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 424–437.

Yusuf, Y. (2024). Pendidikan yang Memerdekakan: Persepektif Freire dan Ki Hajar Dewantara. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(2), 55–72.

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles