PERAN REKONSTRUKSIONISME DALAM MENANGGAPI TANTANGAN SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Alvia Zackia Syabrina UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Isratul Husna UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Nur Afni UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
  • Herlini Puspika Sari UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Keywords:

Rekonstruksionisme, Tantangan Sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana rekonstruksionisme dapat diimplementasikan dalam pendidikan Islam sebagai respons terhadap tantangan sosial yang ada. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur lainnya sebagai objek yang utama. Aliran rekonstruksionisme merupakan suatu arus pemikiran yang berupaya untuk mengubah struktur yang sudah ada dan membangun pola hidup kebudayaan yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan dalam dunia modern. Dalam prinsipnya, rekonstruksionisme sejalan dengan perenialisme, yang bertujuan untuk melewati krisis kebudayaan modern. Aliran rekonstruksionisme bercita-cita untuk mewujudkan suatu dunia dimana kedaulatan nasional berada dalam pengayoman dari kedaulatan dan otoritas internasia bekonal.

References

Ali. 2019. Kesenjangan dalam Pendidikan Islam. Jurnal: Studi Islam Internasional, Vol. 8, No. 1.

Anisa Al Iffah, dkk. 2023. Pendidikan Islam Berbasis Rekontruksi di Era Globalisasi. Jurnal: Pendidikan Tuntas, Vol. 1, No. 1.

Herlini Puspika Sari. 2020. Rekonstruksionalisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Jurnal: Ilmiah Keislaman, Vol. 19, No. 1.

Iin Purnamasari. 2015. Rekonstruksionisme-Futuristik dalam Pendidik di Indonesia. Jurnal: Ilmiah CIVIS, Vol. 5, No. 2.

Jones, Michael. 2021. Mengatasi Tantangan Sosial melalui Pendidikan. Jurnal: Penelitian Pendidikan, Vol. 15, No. 2.

Mestika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mutmainnah, dkk. 2023. Rekontruksialisme: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal: Colaboratif Sains, Vol. 6.

M. Arifin. 2006. Ilmu Pendidikan Islam-Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cet. II, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pahud J & Marzuki A. 2015. Rekonstruksionisme dalam Pendidikan: Pendekatan Komprehensif terhadap Pembelajaran. Jurnal: Teori Pendidikan, 22 (3).

Smith, John. 2020. Pendidikan dan Tantangan Sosial. Jurnal: Isu Sosial, Vol. 12, No. 3.

Soekanto, Soerjono. 1990. Sociology: A Brief Introduction. Jakarta: Rajawali Pers

Tutesa, Yossita Wisman. 2020. Permasalahan Sosial Pada Masyarakat. Jurnal: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)

Downloads

Published

2024-12-25

Issue

Section

Articles