PERAN REKONSTRUKSIONISME DALAM MENANGGAPI TANTANGAN SOSIAL MELALUI PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Rekonstruksionisme, Tantangan SosialAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana rekonstruksionisme dapat diimplementasikan dalam pendidikan Islam sebagai respons terhadap tantangan sosial yang ada. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literatur lainnya sebagai objek yang utama. Aliran rekonstruksionisme merupakan suatu arus pemikiran yang berupaya untuk mengubah struktur yang sudah ada dan membangun pola hidup kebudayaan yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan dalam dunia modern. Dalam prinsipnya, rekonstruksionisme sejalan dengan perenialisme, yang bertujuan untuk melewati krisis kebudayaan modern. Aliran rekonstruksionisme bercita-cita untuk mewujudkan suatu dunia dimana kedaulatan nasional berada dalam pengayoman dari kedaulatan dan otoritas internasia bekonal.
References
Ali. 2019. Kesenjangan dalam Pendidikan Islam. Jurnal: Studi Islam Internasional, Vol. 8, No. 1.
Anisa Al Iffah, dkk. 2023. Pendidikan Islam Berbasis Rekontruksi di Era Globalisasi. Jurnal: Pendidikan Tuntas, Vol. 1, No. 1.
Herlini Puspika Sari. 2020. Rekonstruksionalisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Jurnal: Ilmiah Keislaman, Vol. 19, No. 1.
Iin Purnamasari. 2015. Rekonstruksionisme-Futuristik dalam Pendidik di Indonesia. Jurnal: Ilmiah CIVIS, Vol. 5, No. 2.
Jones, Michael. 2021. Mengatasi Tantangan Sosial melalui Pendidikan. Jurnal: Penelitian Pendidikan, Vol. 15, No. 2.
Mestika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Mutmainnah, dkk. 2023. Rekontruksialisme: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal: Colaboratif Sains, Vol. 6.
M. Arifin. 2006. Ilmu Pendidikan Islam-Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cet. II, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pahud J & Marzuki A. 2015. Rekonstruksionisme dalam Pendidikan: Pendekatan Komprehensif terhadap Pembelajaran. Jurnal: Teori Pendidikan, 22 (3).
Smith, John. 2020. Pendidikan dan Tantangan Sosial. Jurnal: Isu Sosial, Vol. 12, No. 3.
Soekanto, Soerjono. 1990. Sociology: A Brief Introduction. Jakarta: Rajawali Pers
Tutesa, Yossita Wisman. 2020. Permasalahan Sosial Pada Masyarakat. Jurnal: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alvia Zackia Syabrina, Isratul Husna, Nur Afni, Herlini Puspika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.