PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH PADA MATERI MAWARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII DI MA AL-BAIRUNNY JOMBANG
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Modul, Mawaris, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk proses pengembangan dan menghasilkan modul berbasis masalah pada materi mawaris untuk siswa kelas XII yang valid dan efektif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan pengembangan modul berbasis masalah pada materi mawaris kelas XII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan data uji kevalidan dari validator Ahli materi dan ahli media, modul berbasis masalah pada materi mawaris ini menujukkan kategori sangat valid sehingga layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan data hasil angket pesrta didik menunjukkan kategori sangat valid sehingga layak digunakan. (3) Berdasarkan data hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa adalah 79,67 dan post-test siswa adalah 91,33. Didapat nilai post-test lebih baik dari pre-test sehingga ada perubahan yang cukup signifikan dalam penggunaan modul. Maka dapat disimpulkan bahwa modul berbasis masalah pada materi mawaris sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran
References
Andi Tenri Leleang and Ani Zubair, “Problematika Dalam Penerapan Hukum Waris Islam,” Al-Bayyinah 3, no. 2 (2019), 221.
Lasmiyti Lidris Harta, “Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP.” Pendidikan Matematika 9, no. 2 (2014) ; 63.
Muhammad Ali Ash-Sahabuni, Al-Mawaris Fisy Syari’atil Islamiyyah Ala Dhau Al Kitab wa Sunna Terj. A. M. Basalamah, Pembagian Waris Menurut Islam, (Jakarta: Gema Insani Press, 1995), 33.
Ngalim M. Purwanto. 2017. Ilmu Pendidikan Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Valiant Lukad, “Faktor yang Mempengaruhi Hasil BelajarSiswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta”, Pendidikan Vokasi, 2 (2016), 114.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zumrotul Nur Hanifah, Muhammad Qoyum Zuhriawan, Muhammad Aliyul Wafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.