INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA KELAS VIII DAN IX DI MTSN 1 KOTA TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.667Keywords:
Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama IslamAbstract
Latar belakang dari penelitian ini Ada beberapa nilai-nilai dasar keagamaan yang perlu ditanamkan pada diri anak dan kegiatan penanaman nilai-nilai pendidikan tersebut kemudian dianggap sebagai inti dari pendidikan agama. Untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan agama islam, maka guru harus melakukan proses penanaman nilai (transfer of values), bukan hanya sebagai proses transfer ilmu saja. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini, waka humas, wali kelas, dan 6 orang peserta didik dari kelas VIII dan IX. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dengan metode pembiasaan pada siswa kelas VIII dan IX Di MTsN 1 Kota Tangerang Selatan adalah adalah sudah terlaksana dengan baik. Internalisasi nilai-nilai PAI sudah melalui tiga tahap, yaitu: Tahap Transformasi Nilai, Tahap Transaksi Nilai, Tahap transinternalisasi nilai. Faktor pendukungnya tersedianya sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan pembiasaan ini, yang kedua visi misi sekolah. Faktor penghambatnya beberapa peserta didik dan guru tidak tertib datang ke sekolah
References
Al-Qur’an dan Terjemah Kemenag 2022 Melalui Aplikasi Qur’an Kemenag Tahun, 2022.
Tri Sukitman, “Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter”, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.2, No.2, 2016.
Nur Hidayah, Penerapan Nilai Dalam Pendidikan Islam, Mubtadiin, Vol.2, No.2, 2019.
Nurcholish Majid, Masyarakat Religius Membumikan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehidupan Masyarakat, Jakarta: Balai Pustaka, 2000.
Qiqi Yuliati Zakiyah dan A. Rusdiana, “Pendidikan Nilai”, Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Izharuddin H, “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pembelajaran PAI di SDN 5 Pasui”, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.3, No.2, 2022.
Sri Wahyuningsih, “Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al Qur’an”, an-Nur, Vol.7, No.2, 2021.
Zulkarnain, “Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Manajemen Berorientasi Link and Match”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Imas Jihan Syah, “Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela’ah Hadits Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat)”, Childhood Education, Vol.2. 2018.
Iqbal Syahrijar, “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dengan Metode Pembiasaan Pada Kelas Xii Di Sma Uii Yogyakarta”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2020.
Afifah Munawaroh, “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Metode Pembiasaan Pada Siswa Di Mtsn 3 Bungo-Jambi”, Skripsi, Tangerang Selatan: Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta, 2022.
Desy Ike Wahyu Lestari, “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Metode Pembiasaan Di Ma Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo”, Skripsi, Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021.
Evita Sari, “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Metode Pembiasaan Di Ma Ma’arif Al-Mukarrom Ponorogo”, Skripsi, Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2020. https://lms.syamok.unm.ac.id/pluginfile.php/458566/mod_resource/content/1/PERTEMUAN%2014.%20TEKNIK%20ANALISIS%20DATA.pdf
R Anisya Dwi Septiani, “Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca”, Perseda, Vol.5, No.2, 2022.
Marini Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method)”, Pendidikan Tambusai, Vol.7, No.1, 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aanisah Putri Ocviyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.