IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER MUḤĀḌARAH DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN AL-IRSYADIYAH JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.668Keywords:
Kegiatan Ekstrakurikuler, Muḥāḍarah, Rasa Percaya DiriAbstract
Tugas seorang pendidik dalam dunia pendidikan tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan di dalam kelas saja, namun juga melatih keterampilan peserta didik di luar kelas melalui program ekstrakurikuler dari lembaga pendidikan tersebut, salah satu contohnya seperti kegiatan ekstrakurikuler muḥāḍarah. Kegiatan muḥāḍarah membantu untuk melatih kemampuan peserta didik berbicara dengan berani di depan orang banyak tanpa merasa gugup. Sebab, kepercayaan diri adalah keterampilan yang bisa dilatih, bukan keterampilan yang dimiliki sejak lahir. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler muḥāḍarah dalam meningkatkan kepercayaan diri santri dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler muḥāḍarah di Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ada tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan muḥāḍarah melibatkan tiga tahapan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi. Kegiatan ini efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri santri melalui latihan berbicara di depan umum, bimbingan rutin, motivasi, dan apresiasi dari guru. Sikap objektif dan tanggung jawab santri ditingkatkan melalui refleksi diri dan penunjukan sebagai petugas, sementara kemampuan berpikir rasional berkembang melalui diskusi dan pencarian materi ceramah. Faktor pendukung termasuk dukungan kepala sekolah, guru pembimbing, dan orang tua, serta semangat santri. Faktor penghambat meliputi waktu yang terbatas dan kurangnya persiapan
References
Bachtiar, Alam. (2020). Obat Minder. Yogyakarta: Araska.
Indonesia, Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 20 Tahun 2003, LN No. 78 Tahun 2003, Pasal 1.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. (2011). Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang disempurnakan), Jilid 8 (Juz 22-24). Jakarta: Departemen Agama RI.
Mamlu’ah, A. (2019). Konsep Percaya Diri dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 139. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 1(1), 32. https://media.neliti.com/media/publications/299411-konsep-percaya-diri-dalam-al-quran-surat-895dd565.pdf.
Peter, Lauster. (2022). Tes Kepribadian. Terj. D. H. Gulo. (Cet. 20). Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyarini dan Zainal. (2020). Buku Ajar Retorika. Serang: CV. AA. RIZKY.
Surat Keputusan Kepala Sekolah Ponpes Darul Qur’an Al-Irsyadiyah nomor 209/PPS DQA/VIII/2005/ Tentang Penetapan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Wawancara dengan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah, Jambi, Salman Arsyad. Jambi, 6 Mei 2024.
Wawancara dengan Guru Pembimbing Muhadharah Putra, M. Abdul Aziz. Jambi, 10 Mei 2024.
Wawancara dengan Santri Putra kelas XI Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah, Anggi Saputra. Jambi, 19 Mei 2024.
Wawancara dengan Guru Pembimbng Muhadharah Putri, Harti Oktanisa. Jambi, 13 Mei 2024.
Wawancara dengan Santri Putri kelas XI Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah, Jasmarni. Jambi, 18 Mei 2024.
Wawancara dengan Santri Putri kelas XI Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah, Laras Putria. Jambi, 18 Mei 2024.
Wawancara dengan Santri Putra kelas XI Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Irsyadiyah, M. Robi. Jambi, 19 Mei 2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aulia Amanni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.