INTERNALISASI NILAI MORAL MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Dahniar STI Tarbiyah Al-Hilal Sigli

DOI:

https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.669

Keywords:

Internalisasi Nilai, Moral, Metode Role Playing, Pembelajaran PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep internalisasi nilai moral melalui penerapan metode role playing dalam pembelajaran PAI. Nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, simpati dan empati merupakan bagian penting dari tujuan PAI yang harus diinternalisasikan dalam diri peserta didik agar tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Namun, penerapan metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran dan pengalaman langsung peserta didik terhadap nilai-nilai tersebut masih belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research) dengan tehKnik pengumpulan data berupa studi dokumen dan analisis isi terhadap berbagai literatur ilmiah, buku dan artikel jurnal yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode role playing efektif sebagai media internalisasi nilai moral karena mampu menggabungkan aspek koknitif, afektif dan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran. Metode ini mendorong keterlibatan aktif, reflektif moral, serta penguatan hubungan antara materi ajar dengan kehidupan nyata

References

Ahmad Suryadi, Syarifuddin Ondeng, and Syahruddin Syahruddin, “Character Development from the Viewpoint of Islamic Teachings,” Jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran 3, no. 2 September 16, 2024.

Aisyah Nuramini, dkk., Metode Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka, Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

Amin, Linda dan Yurike Susan Sumendap, 164 Model Pembelajaran Kontemporer, Yogyakarta: Pusat Penerbitan LPPM, 2022.

Andi Kaharuddin dan Nining Hajeniati, Pembelajaran Inovatif & Variatif, Sulawesi Selatan: Pusaka Alamaida, 2020.

Besari, A., Perkembangan Sikap dan Nilai Moral Peserta didik Usia Remaja. Jurnal PARADIGMA, 11 April 2021.

Dede Hertina, dkk., Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital (Teori dan Penerapan), Yogyakarta: Green Pustaka Indonesia, 2024.

Febrianti, N., & Dewi, D. A, Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 2021.

Khotibul, U, Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik, UNISAN JURNAL: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 05(04).

Imam Syafiie , Tujuan Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6, November 2015.

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Muh. Judrah, Aso Arjum,Haeruddin, Mustabsyirah, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral, Journal of Instructional and Development Researches, Februari, 2024.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Agama Islam: Upaya Untuk Mengefektifkan Pendidikan

Agama Islam Di Sekolah, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2008.

Munawir, Elvita Indah Cahyani, Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak, AL-QALAM : Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, Volume 15, No.2, 2023.

Nur Rachma Nisa Alfiani, Siti Asiah, Semangat Belajar PAI dengan Metode Bermain Peran (Role Playing) di SMKN 1 Setu Kabupaten Bekasi, Journal of Community Service and Empowerment Vol. 4, No. 1, April 2023.

Rahmah, R, Peran Guru dalam Membentuk Karakter Religius Peserta didik. Journal on Education,5(4), 2023.

Marsen, Neviyarni, & Murni, I. (2021). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan moral peserta didik sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1, 2021),hal. 49.

Marauleng, Ahmad Hakim, Salim Hasan, M. Hasibuddin Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta didik , Andi, Education and Learning Journal, Januari 2024.

Muchammad Farkhan Nudin ,Efektivitas Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Sabiluth Thayyib Kota Pasuruan, Ta’limuna: Jurnal Pendidikan Islam , Vol. 13, No. 2, 2024, hal. 138-145.

Riza Faishol et al., “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator dalam Membentuk Akhlak Peserta didik di MTs An-Najahiyyah,” JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) 5, no. 2. 2021.

Rospala Hanisah Yukti Sara, Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran untuk PGSD/PGMI, (Jawa Barat: Penerbit Adab, 2023.

Syarif Maulidin and Muhammad Abdun Jamil, “Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Aspek Kognitif,” Al-Bustan: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2. 2024

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles