KURIKULUM, TEORI DAN EKSISTENSI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • NURLISMA STI Tarbiyah Al-Hilal Sigli

DOI:

https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.672

Keywords:

Kurikulum, Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi

Abstract

Kurikulum, perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran adalah satu kesatuan yang saling berkaitan dalam proses Pendidikan untuk terealisasinya program kurikulum yang telah disiapkan oleh pemerintah. Perencanaan kurikulum menitik beratkan pada tujuan dan konten pembelajaran. Implementasi kurikulum adalah menerapkan rencana kedalam pembelajaran sedangkan proses keberlangsungan pembelajaran tersebut memerlukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan implementasi dan pencapaian tujuan. Perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran merupakan siklus yang berkelanjutan, karena setiap langkahnya saling berkaitan dan mempengaruhi tahap yang lainnya. Perencanaan yang maksimal, penerapan yang efektif serta evaluasi yang sistematis akan sangat mempengaruhi peningkatan mutu Pendidikan sesuai program yang telah dirancang

References

Abdul Rahman Sholeh, Pendidikan Agama dan Pengembangan Untuk Bangsa, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2005

Arif dkk, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2005

Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Nana Syaodih, Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Karya Offset: 2005

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

S Nasution, Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles