KURIKULUM, TEORI DAN EKSISTENSI DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.672Keywords:
Kurikulum, Perencanaan, Implementasi dan EvaluasiAbstract
Kurikulum, perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran adalah satu kesatuan yang saling berkaitan dalam proses Pendidikan untuk terealisasinya program kurikulum yang telah disiapkan oleh pemerintah. Perencanaan kurikulum menitik beratkan pada tujuan dan konten pembelajaran. Implementasi kurikulum adalah menerapkan rencana kedalam pembelajaran sedangkan proses keberlangsungan pembelajaran tersebut memerlukan evaluasi untuk mengukur keberhasilan implementasi dan pencapaian tujuan. Perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran merupakan siklus yang berkelanjutan, karena setiap langkahnya saling berkaitan dan mempengaruhi tahap yang lainnya. Perencanaan yang maksimal, penerapan yang efektif serta evaluasi yang sistematis akan sangat mempengaruhi peningkatan mutu Pendidikan sesuai program yang telah dirancang
References
Abdul Rahman Sholeh, Pendidikan Agama dan Pengembangan Untuk Bangsa, Jakarta; Raja Grafindo Persada, 2005
Arif dkk, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2005
Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007
Nana Syaodih, Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Karya Offset: 2005
Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
S Nasution, Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NURLISMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.