PERAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENGERAHKAN ETIKA ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI MODERN
DOI:
https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.673Keywords:
Etika Islam, IPTEK, Nilai Tauhid, Etika DigitalAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) modern telah membawa manfaat besar bagi kehidupan manusia, tetapi juga menimbulkan tantangan etika yang semakin kompleks, seperti pelanggaran privasi, krisis lingkungan, penyalahgunaan kecerdasan buatan, dan penyebaran hoaks digital. Nilai-nilai Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis menawarkan kerangka etika yang holistik dan transenden untuk membimbing arah perkembangan IPTEK secara lebih beradab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian pustaka untuk menganalisis bagaimana prinsip-prinsip Islam seperti tauhid, amanah, maslahah, ihsan, dan adl dapat dijadikan dasar dalam merumuskan etika IPTEK yang bertanggung jawab. Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam tidak hanya relevan tetapi juga aplikatif dalam merespons isu-isu etika kontemporer, seperti dalam pengembangan AI, rekayasa genetika, dan teknologi digital. Dengan demikian, nilai-nilai Islam mampu memberikan arah moral yang kuat agar kemajuan IPTEK membawa manfaat yang adil, berkelanjutan, dan bermartabat bagi seluruh umat manusia
References
Aiswah Zahra Amalia, & Nur Hilmi. (2024). Etika Pengobatan/Rekayasa Genetik dalam Islam sebagai Implikasi untuk Terapi Gen dan Teknologi DNA serta Tantangan Kontemporer. Jurnal Medika Nusantara, 2(4), 56–64. https://doi.org/10.59680/medika.v2i4.1479
Arinal Haq Fauziah, Diah Ayu Nurulita, M. (2024). INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAH AL-ISRA’ AYAT 36 UNTUK MENCEGAH PERILAKU IMPULSIVITAS DI MEDIA SOSIAL. AT-TARBIYAH: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 397–404.
Asroni, A. (2022). Etika Lingkungan Dalam Perspektif Islam. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4(1), 54–59. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kiiis/article/view/3266
Bilfaqih, Z. A. (2019). Tauhid Sebagai Basis Pembentukan Etika Pendidikan Islam Yang Berwawasan Peradaban. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 216–227. https://doi.org/10.38073/jpi.v8i1.109
Dewi Atiqa, Abdul Jalil, F. M. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AN NAHL AYAT 90 PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Pendidikan Islam, 5(5), 43–46. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7877
El-Hady, E. H. F. (2024). Pandangan Islam terhadap Etika Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence ) dalam Kehidupan Sehari-hari. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 21(2), 84–98. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.xxxx
Fahmi, M. (2011). Rekayasa Genetika Dalam Pandangan Islam : Tinjauan Atas Teknologi Kloning. Al-‘Adâlah, Volume 14 Nomor 1, 14(1), 121–134. Retrieved from https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/217
Faiz, F., Ula, N. F., & Zubaidi, A. (2022). Relasi Etika dan Teknologi dalam Perspektif Filsafat Islam. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(3), 231–237. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i3.6594
Fathulloh, Z. (2024). Etika Informasi Di Era Digitalisasi Dalam Perspektif Komunikasi Islam. Intisyaruna: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 1(June), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/intisyaruna.v1i1.3016
Habibi, M. D. (2024). Tauhid Sebagai Dasar Prinsip Pengetahuan Dalam Pandangan Ismail R. al-Faruqi. Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy, 6(1), 73. https://doi.org/10.24042/ijitp.v6i1.22023
Huda, L. N. (2025). INTEGRASI KURIKURUM KEISLAMAN DENGAN NILAI-NILAI PESANTREN (Studi Kasus di Institut Ilmu Al-Qur’an An Nur Yogyakarta) (Tesis, UIN Sunan Kalijaga). UIN Sunan Kalijaga. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70234
Idris, S. (2019). ISLAM DAN KRISIS LINGKUNGAN HIDUP (Perspektif Seyyed Hossein Nasr dan Ziauddin Sardar) Saifullah. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. Retrieved from http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Khosim, N., Ibrahim, A., & Hanapi, M. S. (2020). Peranan Nilai-Nilai Islam Dalam Pembangunan Insan Berteraskan Islam the Role of Islamic Values in Islamic-Based Human. Jised, 5(29), 109–119. Retrieved from http://www.jised.com/PDF/JISED-2020-29-06-12.pdf
Malyuna, S. I., & Lubis, M. (2023). Integrasi Materi Pembelajaran Iman, Islam, dan Ihsan dalam Upaya Mencegah Dekadensi Moral di Era Digital. Hikmah, 20(1), 92–104. https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.197
Misnawati, Luthfiah, K. (2024). Hakikat Pengembangan IPTEK Berbasis Kemajuan Peradaban Islam di Era Digital Syariah Untuk Kemajuan Peradaban Islam di Era Digital. Jurnal Manajhemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial(JMPIS), 5(5), 1783–1792.
Mulyani F, & Haliza N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1), 101–109.
Mutmainah, D. C., & Fauziah, R. A. (2024). Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Islami Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 328–336. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/religion.v3i2.941
Pernanda, A., & Holid, S. (2024). Pengaruh Karya Yusuf Al-Qardhawi Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Era Digital. Journal on Education, 6(4), 19693–19704. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5790
Putri, M., Lestari, R. D., Matondang, S., & Sunardi, N. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Islam di Era Remaja Milenial. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.25008/jitp.v2i2.37
Safwandy, M., Nugraha, Maskah, D. K., & Rohayani, A. (2023). Islamic Ethical Concepts Relevant to Digital Technology. Proceedings of International Conference on Islamic Civilization and Humanities, 1, 106–123. Retrieved from https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/iconfahum/article/view/1335
Sakinah, N., Balqish, A., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023). Penerapan Etika Islam Dalam Ilmu Di Bidang Teknologi Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Bagi Mahasiswa FKIP UMSU. Educate: Journal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 49–64. https://doi.org/10.56114/edu.v2i1.9277
Salahuddin Harahap, Khoirul Aini, Sulaiman M. Amir. (2021). Peranan Tokoh Masyarakat Dalam Penerapan Etika Islam Di Era Digitalisme (Studi Kasus Di Desa Pangarungan Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(4), 15–29. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.293
Sri Hafizatul Wahyuni Zain, Erna Wilis, Syarkani, & Herlini Puspika Sari. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199–215. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.365
Susanto, M. A. (2024). Islam dan Teknologi : Tantangan Etika dan Adaptasi dalam Era Digital. Jurnal Al-Muharrik: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 95–102.
Talalu, T. R., Hafid, E., & Sakka, A. R. (2022). Hoaks dan Etika Berkomunikasi: Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 94–96. https://doi.org/https://doi.org/10.58194/alaqwam.v1i2
Trisnawati, E., Wahab, A., & Habbe, H. (2021). Implementasi Etika Berdagang Dengan Sifat Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathanah Pada Waroeng Steak and Shake Cabang Boulevard Makassar. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(3), 177–183. https://doi.org/https://doi.org/10.31850/economos.v4i3.912
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Wulan Ramadhani, Rafli Mardian, Muhammad Hafa Rofiqon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.