MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Rusnawati STI Tarbiyah Al-Hilal Sigli

DOI:

https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.674

Keywords:

Model, Kurikulum dan Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses memperoleh ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik maka perlu kiranya pendidik untuk dapat mengembangkan perangkat ajarnya, yang sering disebut dengan istilah kurikulum. Dalam merealisasikan proses pengembangan kurikulum diperlukan suatu model pengembangan kurikulum dengan pendekatan yang sesuai. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui pengertian model pengembangan kurikulum dan macam-macam pengembangan kurikulum dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research atau kajian pustaka. Dari hasil kajian pustaka ditemukan bahwa Model adalah konstruksi yang bersifat teoritis dari konsep. Model suatu bentuk akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan sesorang atau sekelompok orang mecoba bertindak berdasarkan model tersebut. Adapun macam-macam model-model pengembangan kurikulum yang dikemukakan oleh para ahli yaitu model pengembangan kurikulum Roger, model administrative, model dari bawah (Gree Roots),  Beauchamp dan Hilda Taba, model pengembangan kurikulum Rapl Tyler, D.K. Wheeler, model pengembangan kurikulum Audery dan Howard Nichollas, model pengenbangan kurikulum Decker Walker, Malcom Skilbeck dan The Demostration model

References

Abdullah Idi, Pengmbangan Kurikulum: Teori dan Pratek, Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2007.

Heri Gunawan, Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2012.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Nik Haryati, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2011.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Perkembangan, Jakarta: Kencana, 2010

W. Mantja, Etnografi Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan, Malang: Winaka Media, 2003

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles