Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam)

Authors

  • SITI HAWA STI Tarbiyah Al-Hilal Sigli

DOI:

https://doi.org/10.58645/azkia.v20i1.675

Keywords:

Sumber Belajar; Pendidikan Agama Islam; Peserta didik

Abstract

Artikel ini bertujuan mengungkap secara teoritis kajian akademik dalam konteks sumber belajar sebagai epicentrum informasi yang berharga bagi setiap manusia yang belajar. Penulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sumber belajar sangat berperan dalam menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan yang diperlukan dalam mengembangkan berbagai kompetensi yang diinginkan. Adapun cara mengembangkan sumber belajar. Pendidikan Agama Islam supaya optimal dilakukan dengan beberapa cara: 1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik belajar siswa, 2) merumuskan tujuan pembelajaran, 3) pengembangan materi pembelajaran, 4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, 5) pemilihan jenis sumber belajar dan, 6) mengadakan evaluasi

References

Hadari Nawawi, Pendidikan dalam Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1993)

Aswan Zain dan Bahri SyaifulvDjamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)

Mohammad Ali, dkk (Edit), Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Bandung: Pedagogiana Press, 2007)

Fred Parcival dan Henry Ellington, Teknologi Pendidikan, Terjemahan Soedjarwo S, 7 (Jakarta: Erlangga, 1988)

Depdikbud, Teknologi Instruksional, (Jakarta: Ditjen Dikti,1983)

Depag RI, 1994. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag

RI.

S. Margo, Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), hlm. 35-39.

Muhammad Attiyah Al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, (Jakarta: Bulan Bintang, 1974)

Arief. S. Sadiman, Media Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Bukit tinggi news.com, ”Desain Media Pembelajaran”, (http://bukittingginews.com/2025/06/desain-media-pembelajaran/diakses 19 Juni 2025)

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Benny A. Pribadi, Model Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Dian Rakyat, 2010)

Roestiyah NK, Masalah Pengajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)

Mukhtar dan Iskandar, Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru),(Jakarta: Gaung Persada Press, 2010)

Sardiman AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Surabaya: Usaha Nasional, 2003)

Basyiruddin, Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran, (Jakarta: Delia Citra Utama, 2005)

Abdul Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, (Yogyakarta: Andi Offset, 2003)

Asep Jihad dan Abdul Haris, Evaluasi Pembelajaran, (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2008)

Mukhtar, Evaluasi yang Sukses Pedoman Mengukur Kinerja Pembelajaran, (Jakarta: Sasana Mitra Suksesa, 2003)

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles