استيعاب النحو وأتثريه على قراءة كتاب الباجور ي )دراسة إرتباطية مبعهد الفرقان مبيب(

Authors

  • Miswarul Abdi Aziz

DOI:

https://doi.org/10.58645/alihda.v8i2.3

Keywords:

Penguasaan Nahwu, Pengaruhnya, Membaca Kitab Bajuri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap qaidah nahwu. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menerapkan qaidah nahwu saat membaca kitab bajuri. Adapun metode penelitian yang digunakanya itu penelitian korelasional dengan cara wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian sebagai berikut :
(1). Penguasaan siswa terhadap qaidah nahwu standar (sedang), tidak terlalu lemah meskipun upaya yang telah dilakukan guru untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap nahwu sangat besar karena sedikitnya keinginan dan antusiasme mereka dalam belajar nahwu walaupun metode belajar yang digunakan sesuai dengan level mereka.

(2) kemampuan siswa
dalam menerapkan qaidah nahwu saat membaca kitab bajuri lemah, karena kemampuan mereka dalam nahwu juga ikut lemah, saat membaca kitab bajuri mereka tidak memperhatikan qaidah-qaidah nahwu. Sehingga penulis melihat banyak terdapat kesalahan dalam bacaannya. Sehingga penulis berkesimpulan bahwa penguasaan siswa terhadap qaidah nahwu saat ini hanya sedikit mempengaruhi ketrampilan mereka dalam membaca kitab bajuri, ini sesuai dengan sistem dan interpretasi korelasi yang telah dijelaskan dalam penelitian bahwa hubungan antara belajar nahwu dengan ketrampilan membaca kitab bajuri yaitu sedang (standar)

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Miswarul Abdi Aziz. (2022). استيعاب النحو وأتثريه على قراءة كتاب الباجور ي )دراسة إرتباطية مبعهد الفرقان مبيب(. JURNAL AL-IHDA : Media Ilmiah Bahasa Arab, 8(2). https://doi.org/10.58645/alihda.v8i2.3

Issue

Section

Articles