استخدام الطريقة السمعية الشفهية لرتقية قدرة الطلبة في تعليم المحادثة )دراسة إجرائية في الصف الأول بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 6 فيدي(
DOI:
https://doi.org/10.58645/alihda.v9i1.8Abstract
Adapun judul untuk penelitian ini adalah: penggunaan metode Audiolingual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar percakapan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah lemahnya kemampuan siswa kelas 1B adalah terhadap muhadasah karena proses belajar mengajar muhadasah tidak efektif. Berdasarkan masalah tersebut, penulis menyiapkan metode yang sesuai yaitu metode audiolingual untuk meningkatkan kemampuan mereka terhadap pembelajaran muhadasah. Tujuan penelitian ini: untuk mengetahui beberapa proses pembelajaran muhadasah dengan menggunakan metode audiolingual terhadap siswa kelas 1B di MTsN 6 Pidie, untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode audiolingual untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1B dalam pembelajaran muhadasah di MTsN 6 Pidie. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, membuat pre-test dan post-test untuk dua siklus, dan mengumpulkan dokumentasi 39 data siswa kelas 1B. Adapun hasil penelitiannya bahwa proses pembelajaran muhadasah dengan menggunakan metode audiolingual terhadap siswa kelas 1B MTsN 6 Pidie sesuai dengan langkah-langkah penerapan metode ini yang terdiri atas pendahuluan, paparan teks hiwar, peniruan, paparan pola kalimat, drama, membuat atau menyusun pola kalimat, dan penutup. Penggunaan metode audiolingual itu efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 1B dalam pembelajaran muhadasah di MTsN 6 Pidie, hal ini jelas berdasarkan nilai rata-rata bertambah dimana pada siklus 1 nilai rata-ratanya 60.76%, pada siklus 2 77.69%. Nilai ini mencukupi dengan kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, metode ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap muhadasah.
Downloads
Published
Versions
- 2022-03-18 (2)
- 2022-02-15 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Teuku Sanwil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.