PENERAPAN MODEL COMPLETE SENTENCE PADA MATERI MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 42 PIDIE

Authors

  • Gusti Handayani

DOI:

https://doi.org/10.58645/eksperimental.v9i2.137

Keywords:

complete sentence model, learning outcomes, healthy and nutritious food

Abstract

This study aims to determine the improvement of student learning outcomes on healthy and nutritious food after students learn through the Complete Sentence model. The research method used is Classroom Action Research. It consists of two cycles with the steps of planning, acting, observing and reflecting. The population of this study was 4th grade students with a total of 19 people consisting of 7 male students and 12 female students. The results showed that the acquisition of students' scores with the average value and the percentage of completeness according to the cycle was 68.1 or 42% in the first cycle and 89.2 or 100% in the second cycle. Thus, it can be concluded that the application of the Complete Sentence model can improve student learning outcomes.

References

Abd. Rahman A. Ghani. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo

Adi S. 2000. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anas Sudijono. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Ed. 1, Jakarta: Raja Grafindo Persada

-------, 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aunurrahman, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ayu Wandira Juita. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTsS Muhammadiyah Lakitan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi. Padang : STKIP PGRI Sumatera Barat

B. Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dyah Setyoningsih. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Probing Prompting Dengan Complete Sentence Terhadap Kualitas Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Juwana. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang

Isjoni, dkk. 2007. Paradigma Pembelajaran Bermakna. Pekanbaru: Falah Production

Iskandar Wassid, Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Istarani & Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Iscom

Karsidi, dkk 2014. Buku Tematik Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Tema 9 Kelas IV SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Kunandar. 2007. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera

Siti Rochsotun. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Dongeng Menggunakan Strategi Reading Aloud Di Kelas III MI Al-Hidayah Cepokogunung Pati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Semarang :UIN Walisongo

Tri Widyanti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri

W. J. S Poerwadarminta. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wisnu Nugroho Aji. 2016. Model Complete Sentence Dalam Pengajaran Menulis Teks Bahasa Indonesia. Skripsi. Klaten : Universitas Widya Dharma Klaten

Yusufhadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-06-24

Issue

Section

Articles