ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM IPS PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR

Authors

  • Abdul Manaf

DOI:

https://doi.org/10.58645/eksperimental.v7i1.180

Keywords:

Curriculum, social science, basic education

Abstract

Talking about the concept of education cannot be separated from the curriculum. Because the competence of graduates has been decided, the necessary framework and scope of materials to be prepared to be learned and mastered by teachers as main actors of education as stated in Government Regulation No. 20, 2003 of the national education system, in chapter 19 verse one: that the curriculum is a set of plans and arrangements concerning the objectives, content, and materials and how are used as guidelines for learning activities to achieve specific educational goals. The concept of IPS education in this case is an idea that describes the relationship between two or more facts such as the concept of "human needs", which deals with a variety of things, such as clothing, food, safety, education, love, and prestige. The concept can also be interpreted as symbols or ideas created by the students to understand the experiences that occur repeatedly, social sciences (IPS) is not a field of study or discipline, but rather of a social problem and phenomena. Thus, IPS is the study of society and human– it is a social science which is derived from the social.

References

Ace Suryadi dan H.A.R Tilaar. 1993. Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Ametembun, N. A. 1981. Supervisi Pendidikan Penuntun Bagi Para Kepala dan Guru-guru. Bandung: Suri

A. Supriyanto. 1997. Jurnal Ilmu Pendidikan Mutu Pendidikan Dasar Di Daerah Diseminasi November 1997, Jilid 4, IKIP. Online

Daldjoeni, N. 1992. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project). 1999.

E. Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

----------- H.E. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara

----------- 2011. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Bumi Aksara

----------- 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Harian Prohaba. 2018. Sabtu tanggal 20 Januari

----------- 2018. Sabtu, 27 Januari 2018

----------- 2018. Minggu tanggal 28 Januari

Harian Serambi Indonesia 2017. Selasa Tanggal 26 Desember

----------- 2018. Sabtu, Tanggal 20 Januari

Heri Rahyubi, Dr, M.Pd. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Deskripsi Dan Tinjauan Kritis. Jawa Barat : Nusa Media

Hasan, Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Isjoni. 2007. Cooperative learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Pekan Baru:Alfabeta

Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 3, No.2. April 2015. Online

Marc, C. 1991. Teaching Social Studies. New York: Prentice Hall

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: Matematika FMIPA UNP

Nadir, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 1, Ed.1. Surabaya: Amanah Pustaka

Rusdi, Muhammad dkk. 1983. Pengantar Ilmu Pengetahuan Sosial, Surabaya: Tim IPS FPIS IKIP Surabaya

Rudy Gunawan. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, konsep dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta

Samlawi, Fakih dan Bunyamin Maftuh. 1990. Konsep Dasar IPS. Jakarta

Sapriya. 2012.Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

----------- 2008. Pendidikan IPS. Bandung: Laboratorium PKn UPI Press

Scriven, M. 1994. The Structure of The Social Studies, dalam The Structure of Knowledge and Curirculum. Chicago: Rand MacNally

Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Sabtu, 26 September 2015 ISBN : 978-602-14930-3-8

Soedijarto. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: Grasindo

Suyata. 1998. Perbaikan Mutu Pendidikan Transformasi dan Implikasi Kebijakan. Yogyakarta: IKIP

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Tilaar, H. A. R. 1990. Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI. Jakarta: Balai Pustaka

Trianto. 2011. Model pembelajaran terpadu; Konsep, Stategi, dan Implementasinya dalam kurikulum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Undang-undang. 2006. Nomor 20 Tahun 2013. Bandung : Fokusmedia

Zamroni. 2001. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing

Winataputra Udin S. 2005. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2022-08-09

Issue

Section

Articles