PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKSI PROMOTIF (FACE TO FACE PROMOTIVE INTERACTION) PADA MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 11 PIDIE

Authors

  • Abdul Manaf

DOI:

https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.209

Keywords:

Application of Promotive Interaction, student learning outcomes, 4th grade

Abstract

This study aims to determine the application of the promotive interaction learning model (Face To Face Promotive Interaction) can improve the learning outcomes of fourth grade students of MIN 11 Pidie. The research method used is CAR. The population of this study was fourth grade students in the even semester of the 2020/2021 academic year. Data was collected using lesson plans, LOAS, LOAG, and LKS in 3 cycles in the first cycle the average value obtained was 66 and the percentage was 40%. In the second cycle the average value obtained by students was 71 and the percentage was 77%. In cycle III the average value obtained by students is 82 and the percentage is 100%.

References

Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembeljaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda Karya

-------. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Affandi Majid. 2020. Alasan pembelajaran Tatap Muka Baik Untuk Perkembangan Diri Anak.

Agus Supriyono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anas Sudijono. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Arikunto Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rhineka Cipta

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20.

Daryanto. 2014. Teori Komunikasi. Malang: Gunung Samudera

Debdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Fiske dan Duncan, S. 1997. Face-to-Face Interaction: Research, Methods, and Theory. London : Routledge Library Edition

Haryato. 2007. Sains Jilid 4 Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga

Hisyam Zaini. 2008. Srategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Afabeta

Ibrahim, dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press UNESA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kurniasih. 2016. model pembelajaran kooperatif. Bandung: pustaka belajar

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press

Madya Suwarsih. 2009. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta

Martinis Yamin. 2007. Stategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Pres

Masnur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cet. XV. Bandung: Ramaja Rosdakarya

Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Model Penelitian Tindakan. Bandung: Rosda Karya

Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bina Aksara

Robert Slavin. 2005. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudrajat. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suharsimi Arikunto. 1952. Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluasi. Jakarta: Rajawali

Thoha, M. Chabib. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)

W.J.S Poerwadarminta. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Wina Sanjaya. 2006. Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Wiryanto. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Zainal Aqib. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2022-10-01

Issue

Section

Articles